Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, April 28, 2013

JADI DUA ROMBONGAN

Kemarin, Minggu 28 April 2013, Komunitas Rama Domus Pacis sempat agak kebingungan. Ini berkaitan dengan kunjungan umat di Domus Pacis. Sudah sejak sebulan sebelumnya Persekutuan Doa Karismatik Katolik Pekerja Muda Katolik yang berbasis di Kotabaru memberikan informasi akan berkunjung di Domus Pacis. Dua minggu sebelum hari kunjungan ada dua orang datang untuk orientasi tempat dan berembug tentang acara. Ada tiga acara pokok yang direncanakan: persekutuan doa, misa kudus, dan sambung rasa. Kelompok ini juga minta duduk lesehan (bawah) dengan tikar. Salah satu wakil beberapa hari sebelum pelaksanaan juga menjalin komunikasi dengan Rama Bambang lewat telepon. Kelompok ini juga menyiapkan oleh-oleh sembako dan akan membawa makan siang untuk disantap bersama para rama Domus. Mereka bertanya jumlah rama dan karyawan serta diet rama-rama tertentu.

Hari pelaksana tiba, rombongan Kotabaru dengan 28 orang anggota sudah datang pada jam 09.30. Mereka mempersiapkan alat-alat elektrik seperti organ, LCD dan laptopnya. Acara pertama adalah misa kudus. Ketika misa hampir dimulai, seorang karyawan Domus memberi tahu ada rombongan ibu-ibu dan bapak serta anak datang dari Paroki Salam. Ternyata mereka dari Wilayah Salam yang baru saja merayakan Santo Markus sebagai pelindung. Salah satu program peringatan santo pelindung adalah kunjungan ke rama-rama Domus Pacis. Tetapi orang yang diserahi untuk berkoordinasi dengan rama Domus Pacis tidak menjalankan tugasnya dengan baik. Tampaknya orang tersebut hanya menyampaikan pesan ke rama Domus lewat orang atau rama tertentu bukan dari Domus bahwa mereka akan berkunjung pada Minggu 28 April 2013.

Puji Tuhan. Rombongan dari Salam mau mengikuti acara misa sementara rombongan Kotabaru terbuka dan mau menerima perubahan acara. Sesudah misa dan sedikit omong-omong tanya-jawab tamu dengan rama Domus, acara dilanjutkan dengan makan bersama. Ternyata rombongan Salam yang berjumlah 34 orang membawa nasi dengan lauk-pauk dan gudhangan (macam-macam sayuran dengan bumbu dan kelapa) yang dapat disantap oleh semua termasuk rombongan Kotabaru dan seluruh penghuni Domus. Dos nasi yang dibawa rombongan Kotabaru dapat "diselamatkan" beberapa anggotanya yang tinggal di rumah kos, sehingga dapat untuk oleh-oleh teman-teman serumah. Hari itu terjadi temu akrab penuh persaudaraan antara rombongan tamu Kotabaru, tamu Salam, dan rama-rama Domus Pacis.

0 comments:

Post a Comment