Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, April 14, 2013

TERIMA DAN JADI BERKAT

Barangkali untuk ukuran kehidupan imam, menu rama-rama Domus Pacis cukup sederhana kalau tidak boleh disebut amat sederhana. Ini tersirat dari perkataan Rama Yadi dalam makan pagi Senin 15 April 2013. Beliau kemarin memimpin misa lansia di Paroki Pringwulung. Di dalam misa juga ada pelayanan penerimaan Sakramen Perminyakan untuk peserta misa. Menurut rama Yadi yang ikut banyak sekali. Ketika Rama Bambang bertanya "Bar misa terus enten dhahar?" (Apakah sesudah misa ada makan bersama?). Rama Yadi mengiyakan tetapi ada susulan kata-kata "Ning dibandhingke ten Domus adoh banget. Sajian teng Domus mboten enten napa-napane" (Tetapi dibandingkan dengan Domus Pacis menunya jauh melampaui jenis dan harganya). Rama Bambang menyahut "Maka kita gak perlu banyak dolan ke paroki-paroki agar rasanya tempat kita sudah oke". "Ha ha ha ha ....." semua tertawa. Saat tertawa yang ikut makan adalah Rama Yadi, Rama Harto, dan Rama Bambang, Tiba-tiba Rama Agung datang masuk bergabung. Beliau memberi informasi mendapatkan beras 1 kwintal dan supermi 10 dos dari Rama Ratmin, Pastor Kepala Paroki Kartasura. Hari Minggu kemarin Rama Agoeng membantu pelayanan misa di Kartasura.

Terhadap pemberian Kartasura tersebut, para rama di meja makan memutuskan memberikan separo kepada karyawan. Mas Tukiran dipanggil. Terhadap 5 karyawan Mas Tukiran diminta membagikan per karyawan 10 kg beras dan 1 dos supermi. Pada saat ini Komunitas Rama Domus memang kerap mendapatkan pemberian sembako bahkan buah-buahan dari umat baik perorangan maupun kelompok. Seperti seminggu ini dari Paroki Kelor dan Paroki Administratif Pringgolayan. Terhadap pemberian untuk rama-rama ini, oleh para rama Domus juga biasa dibagikan ke karyawan. Kalau jumlahnya masih lebih, tetangga Katolik juga sering mendapatkan bagian diantar oleh
karyawan Domus. Bahkan bila berlebihan para tetangga umum termasuk yang beragama lain juga ikut menikmati. Bagi Komunitas Rama Domus segala pemberian adalah berkat ilahi lewat umatnya. Para rama Domus juga berusaha jadi berkat bagi karyawan dan tetangga sekitar. Maka peristiwa beri-memberi hal-hal material bagi rama-rama Domus menjadi peristiwa pembelajaran menerima dan menjadi berkat ilahi.

0 comments:

Post a Comment