Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, October 21, 2013

Lamunan Pekan Biasa XXIX


Selasa, 22 Oktober 2013

Lukas 12:35-38

12:35 "Hendaklah pinggangmu tetap berikat dan pelitamu tetap menyala.
12:36 Dan hendaklah kamu sama seperti orang-orang yang menanti-nantikan tuannya yang pulang dari perkawinan, supaya jika ia datang dan mengetok pintu, segera dibuka pintu baginya.
12:37 Berbahagialah hamba-hamba yang didapati tuannya berjaga-jaga ketika ia datang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia akan mengikat pinggangnya dan mempersilakan mereka duduk makan, dan ia akan datang melayani mereka.
12:38 Dan apabila ia datang pada tengah malam atau pada dinihari dan mendapati mereka berlaku demikian, maka berbahagialah mereka.


Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, banyak orang yang kini amat sibuk bekerja untuk memenuhi kebutuhan diri dan atau keluarganya. Era global yang menuntut kemandirian dan segalanya diperhitungkan dengan uang membuat mayoritas orang memanfaatkan hari yang dihadapi seefektif dan seefisien mungkin.
  • Tampaknya, karena pada zaman kini orang harus dapat memenuhi segala kebutuhan dengan kekuatan sendiri, orang sudah dapat merasa bahagia kalau sudah dapat membeayai apa yang dibutuhkan sehari-hari. Orang bisa tidak mau diributkan oleh urusan-urusan lain di luar urusan pada hari yang kini dihadapi.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa dalam yang ilahi secara spontan alami orang akan selalu memiliki sikap berjaga untuk kehidupan ke depan. Orang akan menata hidup yang menghadirkan kebahagiaan atau damai sejahtera sejati sehingga selain bekerja untuk kebutuhan diri dan keluarga sehari-hari termasuk kehidupan sosial, sekecil apapun orang juga menyisihkan hasil untuk asuransi (jaga-jaga demi ketenangan masa depan) dan investasi (bagian untuk pengembangan).
Ah, itu kan untuk orang kaya berlimpah. Bagi orang-orang kecil untuk jajan anak dan rokok saja tidak cukup.

0 comments:

Post a Comment