Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, November 3, 2013

Lamunan Wajib


Santo Carolus Boromeus, Uskup
Senin, 4 November 2013

Lukas 14:12-14

14:12 Dan Yesus berkata juga kepada orang yang mengundang Dia: "Apabila engkau mengadakan perjamuan siang atau perjamuan malam, janganlah engkau mengundang sahabat-sahabatmu atau saudara-saudaramu atau kaum keluargamu atau tetangga-tetanggamu yang kaya, karena mereka akan membalasnya dengan mengundang engkau pula dan dengan demikian engkau mendapat balasnya.
14:13 Tetapi apabila engkau mengadakan perjamuan, undanglah orang-orang miskin, orang-orang cacat, orang-orang lumpuh dan orang-orang buta.
14:14 Dan engkau akan berbahagia, karena mereka tidak mempunyai apa-apa untuk membalasnya kepadamu. Sebab engkau akan mendapat balasnya pada hari kebangkitan orang-orang benar."


Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, kalau mengadakan pesta, orang akan mengundang orang-orang yang dapat membuatnya merasa bangga dan berbahagia. Tak sedikit orang yang mengadakan pesta merasa terjunjung martabatnya kalau dihadiri oleh tamu-tamu berkedudukan terhormat dan atau kaya.
  • Tampaknya, kalau mengadakan pesta perjamuan dan dihadiri oleh sanak saudara, sahabat, tetangga, dan kenalan sebagai tamu-tamu besar dan atau kaya, orang dapat merasa diri menjadi bagian dari kaum terhormat. Dia juga dapat berharap suatu ketika akan dapat balasan ganti diundang dalam perjamuan pesta mereka.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa kebanggaan dan kebahagiaan sejati dalam hidup ini justru berada di kalangan kaum kecil, lemah, miskin, tersingkir, dan difable (KLMTD). Dalam yang ilahi orang sekaya dan seterhormat apa pun akan sungguh mengalami keceriaan batin kalau dapat bersahabat dengan yang papa, miskin, dan menderita.
Ah, dapat untung apa gaul dekat dengan kaum gembel?

0 comments:

Post a Comment