Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, August 11, 2014

MULWO DAN BLUEBERRY



Nama umum : Mulwo, Serba rabsa (Aceh), Buah nona (Melayu), Buah unah (Lampung), Manowa (Sunda), Mulwo (Jawa Tengah), Binuwa (Madura), Anona (Flores), Ata kase (Timor), Nonadae lok (Roti),  Manunang (Mongondow), Sirikaya doke (Makasar), Sirikaya susu (Bugis), Boinon (Kai), Buahnyonya (Ambon).
Kandungan kimia pohon mulwo antara lain, kulit dan batangnya mengandung saponin, tlavonoida, alkaloida, dan tannin. Daunnya berkhasiat sebagai obat bisul, encok, dan sakit kulit. Kulit batangnya berkhasiat sebagai obat diare.
Pohon mulwo, selain buahnya yang lezat, banyak juga khasiatnya sebagai obat. Nama latin tanaman mulwo adalah : Annona reticulata L. Mulwo adalah pohon berkayu dan berakar tunggang, dapat mencapai ketinggian hingga 7 meter. Buahnya bulat, diameter sekitar 5 – 12 cm, berwarna kuning atau merah kekuningan. Mulwo berkerabat dekat dengan buah Sirsak (Annona muricata) dan Srikaya (Annona squamosa).
Bahkan, buah nona ini berpotensi dimanfaatkan untuk obat antikanker dan gagal ginjal, kata dosen Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Dr. Hamidah, MKes (www.antaranews.com).

Blueberry
dari wikipedia.org
  
Blueberry adalah tanaman berbunga dalam genus Vaccinium, bagian Cyanococcus. Spesies ini tumbuh di Amerika Utara[1]. Berupa semak yang ukurannya mulai 10 cm hingga 4 m; spesieDaunnya berganti atau hijau sepanjang tahun, ovate hingga lanceolate, dan mulai 1–8 cm panjangnya dan lebar 0.5-3.5 cm. Bunganya berbentuk bel, putih, merah atau merah muda pucat, kadang-kadang kehijau-hijauan.
s terkecil dikenal sebagai "bluberry semak rendah" (sama dengan "liar"), dan spesies terbesar adalah "blueberry semak tinggi".

0 comments:

Post a Comment