Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, October 15, 2014

Lamunan Pekan Biasa XXVIII

Kamis, 16 Oktober 2014

Lukas 11:47-54

11:47 Celakalah kamu, sebab kamu membangun makam nabi-nabi, tetapi nenek moyangmu telah membunuh mereka.
11:48 Dengan demikian kamu mengaku, bahwa kamu membenarkan perbuatan-perbuatan nenek moyangmu, sebab mereka telah membunuh nabi-nabi itu dan kamu membangun makamnya.
11:49 Sebab itu hikmat Allah berkata: Aku akan mengutus kepada mereka nabi-nabi dan rasul-rasul dan separuh dari antara nabi-nabi dan rasul-rasul itu akan mereka bunuh dan mereka aniaya,
11:50 supaya dari angkatan ini dituntut darah semua nabi yang telah tertumpah sejak dunia dijadikan,
11:51 mulai dari darah Habel sampai kepada darah Zakharia yang telah dibunuh di antara mezbah dan Rumah Allah. Bahkan, Aku berkata kepadamu: Semuanya itu akan dituntut dari angkatan ini.
11:52 Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat, sebab kamu telah mengambil kunci pengetahuan; kamu sendiri tidak masuk ke dalam dan orang yang berusaha untuk masuk ke dalam kamu halang-halangi."
11:53 Dan setelah Yesus berangkat dari tempat itu, ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi terus-menerus mengintai dan membanjiri-Nya dengan rupa-rupa soal.
11:54 Untuk itu mereka berusaha memancing-Nya, supaya mereka dapat menangkap-Nya berdasarkan sesuatu yang diucapkan-Nya.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, yang namanya ahli memang memiliki pengetahuan luas dan mendalam. Dia seakan memegang kunci dari berbagai masalah dengan banyaknya pengetahuannya.
  • Tampaknya, yang namanya ahli memiliki pemahaman luas tentang mana yang benar dan mana yang salah. Terhadap apapun yang dilakukan oleh orang lain dia mampu menunjukkan kekurangannya sehingga orang dapat mempertimbangkan kembali keputusannya untuk bertindak.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa keahlian seseorang kalau sudah tertutup dengan sikap buruk dapat menjadi penghalang orang lain untuk melakukan kebaikan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan memandang orang secara jernih sehingga bebas dari rasa senang atau tidak senang.
Ah, kalau memang tak menyenangkan ya harus ditutup saja.

0 comments:

Post a Comment