Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, May 12, 2015

Lamunan Pekan Paskah VI

Rabu, 13 Mei 2015

Yohanes 16:12-15

16:12 Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.
16:13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.
16:14 Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.
16:15 Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.”

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, orang dapat mengatakan bahwa sebanyak apapun ilmu dipelajari dia tetap memiliki keterbatasan. Orang selalu memiliki keterbatasan sudut pandang sesuai dengan tingkat usia dan studinya.
  • Tampaknya, karena keterbatasannya pada umumnya orang hanya mampu menanggung beban sesuai tingkat usia dan belajarnya. Kalau mendapatkan masukan melebihi tingkat yang dimiliki, orang akan tak mampu memahami dan menanggungnya.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa keterbatasan kekuatan pemahaman bukan datang dari kurangnya usia dan atau pembelajaran tetapi karena tidak terbiasa bergaul akrab dengan kedalaman batin yang menjadi sumber terkuaknya berbagai informasi dalam menghadapi usia dan tingkat pemahaman sesudahnya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan relung hati orang selalu mampu menerima bahkan memahami apapun sekalipun ada beban yang amat menyulitkan.
Ah, hidup ini sudah berat maka hindari hal yang lebih memberatkan.

0 comments:

Post a Comment