Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, April 20, 2013

Sabda Hidup Minggu, 21 April 2013
HARI MINGGU
PASKAH IV, Hari Minggu Panggilan
Warna Liturgi Putih
Bacaan
Kis. 13:14,43-52; Mzm. 100:2,3,5; Why. 7:9,14b-17; Yoh. 10:27-30

Bacaan Injil Yoh. 10:27-30
27 Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku, 28 dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku. 29 Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapapun, dan seorangpun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa. 30 Aku dan Bapa adalah satu."

Renungan
Saya tidak punya kambing. Tapi di komunitas saya ada beberapa anjing, ayam dan burung. Tiap malam ketika aku membuka kunci kamar Poenthet, Kunthi dan Yayuk selalu mendekati lalu mengikuti ke mana aku pergi. Ketika aku masuk ruang makan mereka setia menunggu jatah di depan pintu. Rasanya tidak tega kalau keluar ruang makan tidak memberi apa-apa pada mereka. Maka sering kuambilkan makanan sisa untuk mereka bertiga.
Mungkin begitu gambaran kedekatan dan pengenalan domba dan gembala. Domba kenal tindakan gembalanya dan gembala tahu kebutuhan dombanya. Sikap saling mengenal ini memudahkan setiap pribadi untuk saling mendukung, memberi dan meneguhkan. Walau di antara gembala dan domba sering terdapat jurang bahasa namun hal itu tidak akan membatasi daya saling berkomunikasi dan memahami.

Kontemplasi
Bayangkan dirimu menjadi seorang pemimpin. Jenjang pendidikanmu dengan anak buahmu sangat jauh. Ingatlah bagaimana dirimu berbahasa dan saling mengenal dengan mereka.

Refleksi
Tulislah pengalamanmu dalam mengenali anak buah dan rekan-rekanmu.

Doa
Tuhan semoga aku semakin mengenalMu dan terbuka mendengarkan sabda-sabdaMu. Utuslah RohMu mendampingiku agar menghasilkan buah yang berlimpah. Amin.

Perutusan
Aku akan makin mengenal orang-orang di dekatku dan berusaha berbahasa secara pas dengan mereka.

0 comments:

Post a Comment