dari Power Point bahan Novena Domus 1 Juli 2018
LET THE BUYER BEWARE
Oleh: BM. PURWANTO
APA SAJAKAH RAGAM DAGANGAN?
Yang disebut dagangan adalah yang dapat dijual sehingga menghasilkan uang. Pada jaman sekarang ada macam ragam dagangan sebagaimana dinyatakan di bawah ini.
- BARANG
- PROPERTI
- ACARA
- TEMPAT JASA
- PENGALAMAN
- ORGANISASI
- ORANG
- INFORMASI
- GAGASAN
APA YANG AKAN KITA PENUHI?
Berhadapan dengan ragam dagangan, kalau kita membeli ada dua kemungkinan akan kita penuhi dalam diri kita, yaitu:
- KEBUTUHAN
- KEINGINAN
Yang harus kita waspadai adalah keinginan. Kalau kita membeli sesuatu hanya karena keinginan, itu dapat membahayakan diri. Dengan demikian yang harus diprioritaskan adalah kebutuhan.
APA SAJAKAH YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN?
Skema ini ini menggambarkan proses pengaruh atas terjadinya keputusan pembelian.
WAHANA IMING-IMING?
Pada kini ada berbagai sarana untuk menarik orang melakukan pembelian.
- IKLAN: Membangun citra merek dan perusahaan.
- PROMOSI PENJUALAN: Mendorong keputusan pembelian segera melalui insentif.
- PENJUALAN LANGSUNG: Mendorong keputusan pembelian segera melalui komunikasi langsung dan insentif.
- PUBLISITAS: Kegiatan tidak disponsori perusahaan. Kredibilitas informasi tinggi.
- GETHOK TULAR: Tidak disponsori perusahaan. Terjadi melalui jejaring sosial. Kredibilitas tergantung sumber informasi.
ISI IMING-IMING?
- HARGA MURAH
- PRODUK BERKUALITAS
- MODEL BARU
- CITRA DIRI
- MENGIKUTI PERKEMBANGAN
- DITERIMA ATAU DIKAGUMI ORANG LAIN
- CEPAT KAYA, MANDAPAT KEBERUNTUNGAN
- TAMPIL MENARIK
- AWET MUDA
- SELALU SEHAT DAN PERKASA
- DSB.
BAGAIMANA KITA MENGAMBIL KEPUTUSAN PEMBELIAN?
- DIRENCANAKAN
- TIDAK DIRENCANAKAN, IMPULSIF
- DARURAT
- KOMPULSIF
- Kebanyakan keputusan pembelian yang tidak direncanakan berujung pada ketidakpuasan.
- KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KOMPLEKSITAS TINGGI
- KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KOMPLEKSITAS TERBATAS
- KEBIASAAN: INERTIA (kemalasan)
- KEBIASAAN: LOYALITAS
Keputusan pembelian harus menyejahterakan hidup kita dalam segala segi:
- Ekonomi
- Sosial
- Mental
- Fisikal.
Beberapa contoh "iming-iming"
BEBERAPA SARAN UNTUK KONSUMEN
- JIKA SUATU PENAWARAN NAMPAK TERLALU BAIK UNTUK TERJADI, KEMUNGKINAN BESAR MEMANG TIDAK AKAN TERJADI
- FOKUS PADA KEBUTUHAN, BUKAN KEINGINAN
- BERUSAHA MENDAPATKAN INFORMASI YANG RELEVAN
- BERTANYA PADA AHLINYA
BEBERAPA SARAN UNTUK KONSUMEN
- MENGENDALIKAN DIRI, TIDAK IMPULSIF
- MERENCANAKAN PEMBELIAN
- PRIORITASKAN MANFAAT INTRINSIK PRODUK DARI PADA MANFAAT EKSTRINSIK PRODUK
- PRIORITASKAN ASPEK FUNGSIONAL SUATU PRODUK DARI PADA ASPEK SIMBOLIK SUATU PRODUK
- BERSIKAP DAN BERTINDAK UGAHARI.
0 comments:
Post a Comment