Santo Petrus dan
Santo Paulus, Rasul
Senin, 29 Juni
2015
Matius 16:13-19
16:13.
Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada
murid-murid-Nya: "Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?"
16:14
Jawab mereka: "Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang
mengatakan: Elia dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari
para nabi."
16:15
Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku
ini?"
16:16
Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang
hidup!"
16:17
Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan
manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.
16:18
Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini
Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.
16:19 Kepadamu akan Kuberikan kunci
Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa
yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga."
Butir-butir Permenungan
- Tampaknya, orang dapat sudah merasa dekat berhubungan dengan Tuhan dalam menjalankan hidup keagamaan. Bahkan dalam agama orang merasa memiliki pegangan bersama untuk saling mengetahui kesungguhan seseorang serius dalam ber-Tuhan.
- Tampaknya, orang dapat merasa beres dalam berhubungan dengan Tuhan kalau dapat memenuhi upacara-upacara yang ditentukan dan diatur oleh agama. Orang pun dapat makin mengetahui dan mengenal Tuhan dengan tekun mempelajari dan mendalami ajaran-ajaran agama.
- Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa sesaleh dan setertib apapun dalam menjalani ibadat serta setekun dan sedalam apapun dalam memahami ajaran agama, kalau orang tidak membiasakan diri terbuka pada desir kedalaman batin dia secara personal belum mengalami hubungan individual dengan Tuhan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan mendapatkan bimbingan penghayatan dan pemahaman akan sumber segala damai sejahtera hidup.
Ah, untuk ber-Tuhan orang cukup saja ikuti ajaran para
ahli agama.
0 comments:
Post a Comment