Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, February 28, 2013

Renungan Senin 25 Februari 2013


Sabda Hidup
Senin, 25 Februari 2013
Hari Biasa Pekan II Prapaskah
Warna Liturgi Ungu

Bacaan Hari Ini
Dan. 9:4b-10; Mzm. 79:8,9,11,13; Luk. 6:36-38

Renungan
Suatu kali seorang anak bercakap-cakap dengan ayahnya, "Pak tadi bu guru bilang kalau aku dapat beasiswa."
"Wowww bagus tu, trus gimana?" tanya bapaknya.
Dengan agak pelan sang anak berkata, "Tapi maaf ya Pak, beasiswanya kuberikan pada temenku."
Bapaknya heran dan agak gela, "Lo kok gitu?"
Si anak, "Soalnya kasihan Pak, sepatu aja sampai sekarang gak ganti. Aku yakin ayah bisa membiayai sekolahku, tapi belum tentu ayahnya bisa. Kasihan banget kok Yah."
Yesus mengundang kita untuk bermurah hati. Ay 36 "Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati." Kita pun diundang untuk tidak menghakimi dan selalu rela memberi. Bermurah hati rasaku bukan suatu tindakan karitatif yang asal berbagi. Bermurah hati merupakan suatu sikap diri. Sikap yang mempunyai daya spontan berbagi sesuai dengan kemampuannya. Mereka yang melakukannya bukan sekedar karena dorongan emosi untuk murah hati, namun juga diikuti suatu pertimbangan cepat-dan-masak. Sehingga bermurah hati bisa segera mewujud namun tetap dalam pertimbangan rasional. Si anak di cerita tadi bermurah hati pada temannya yang membutuhkan dengan memberikan beasiswanya, karena dia yakin ayahnya lebih bisa menjamin pendidikannya.

Kontemplasi
Bayangkan ada orang yang datang padamu lalu tiba-tiba menawarkan tanahnya. Ketika kau lagi di makam kuno mau nyekar MamaPung ada anak kecil minta2 duit. Setelah dikasih 20 orang yang lain pun datang dan meminta. Kemurahan hati kayak apa yang perlu kita ciptakan dalam suasana-suasana seperu itu?

Refleksi
Tulislah pengalamanmu dalam bermurah hati.

Doa
Tuhan, semoga aku menjadi pribadi yang murah hati, tidak mudah menghakimi orang lain dan menolong siapa pun yang membutuhkan.

Perutusan
Aku akan menolong seseorang yang menurutku sungguh-sungguh membutuhkan pertolongan.

0 comments:

Post a Comment