Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, June 12, 2020

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Antonius dari Padua, Imam dan Pujangga Gereja
Sabtu, 13 Juni 2020

Matius 5:33-37                              

5:33. Kamu telah mendengar pula yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan bersumpah palsu, melainkan peganglah sumpahmu di depan Tuhan.
5:34 Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah sekali-kali bersumpah, baik demi langit, karena langit adalah takhta Allah,
5:35 maupun demi bumi, karena bumi adalah tumpuan kaki-Nya, ataupun demi Yerusalem, karena Yerusalem adalah kota Raja Besar;
5:36 janganlah juga engkau bersumpah demi kepalamu, karena engkau tidak berkuasa memutihkan atau menghitamkan sehelai rambutpun.
5:37 Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, untuk kepentingan keadilan dan kebenaran orang biasa dituntut untuk bersumpah atau berjanji. Pada umumnya orang yang tampil di hadapan hakim dalam pengadilan akan mengucapkan sumpah atau janji.
  • Tampaknya, untuk tanggungjawab kepentingan umum orang juga biasa dituntut untuk bersumpah atau berjanji. Pada umumnya orang yang akan menduduki jabatan kenegaraan juga akan mengangkat sumpah atau janji.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun sudah bersumpah atau berjanji di dalam sebuah forum, orang belum tentu menjadi benar kalau hatinya tidak sungguh berada dalam nanungan nurani yang membuat tegas diri untuk menyatakan “ya” atau “tidak” sesuai dengan kenyataan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar bahwa dalam bersumpah atau berjanji dia memanggil Tuhan untuk menjadi saksi omongan dan tindakannya ada dalam kebenaran atau tidak.
Ah, bersumpah atau berjanji harus diucapkan sebagai syarat untuk tampil di pengadilan atau memulai jabatan baru.

0 comments:

Post a Comment