Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, March 25, 2020

Di Tengah Darurat Corona


Di Domus Pacis Puren ada banyak relawan yang peduli untuk menyediakan masakan. Ini adalah masakan untuk makan tiga kali sehari para rama dan tenaga Domus. Hingga Maret 2020 ada 89 orang yang menjadi relawan masak. Pada umumnya mereka mengirimkan masakan lauk dan sayuran sekali sebulan pada tanggal dan jam makan sama. Beberapa dari mereka rela menyediakan lebih dari sekali. Rm. Bambang sebagai Minister Domus biasa mengirimkan dana makan untuk bulan tertentu pada lima hari sebelum bulan sebelumnya berakhir. Para relawan masak biasa nombok untuk lauk pauk dan sayuran yang disampaikan ke Domus Pacis.


Satu hal yang perlu dipahami adalah situasi dunia saat ini karena adanya pandemi virus corona. Wilayah-wilayah Indonesia juga tidak terkecuali. Jawa Tengan dan Yogyakarta tentu termasuk di dalamnya. Gereja Katolik termasuk Keuskupan Agung Semarang juga ikut berjuang memerangi covid-19. Semua acara yang melibatkan banyak umat termasuk perayaan liturgi ditiadakan. Pelayanan liturgis dilakukan dengan media sosial. Streeming menjamur dalam pelayanan pastoral. Menghadapi peristiwa seperti ini Rm. Bambang mengirimkan pesan lewat medsos ke para koordinator relawan masak yang berjumlah 8 orang. Dia menulis pada Senin sore 23 Maret 2020 "Karena ada darurat Corona, barangkali ada Relawan Masak yang keberatan menyediakan masakan untuk Domus. Mohon ditanyakan dan kalau bisa segera saya diberi informasi. Nuwun lan Berkah Daleeeem". Hingga Kamis pagi 26 Maret 2020 (lima hari sebelum akhir bulan Maret) Rm. Bambang menerima kepastian: 1) tidak melanjutkan masak kebutuhan delapan kali makan; 2) melanjutkan masak 34 kali makan. Sisanya belum ada informasi. Meskipun demikian Rm. Bambang dalam pengiriman dana masak hanya mengurangi yang jelas memastikan tidak melanjutkan. Yang jelas kepastian yang melanjutkan adalah 34 kali penyediaan masakan atau 37,78% dari 90 kali kebutuhan masak bulan April 2020. Dikurangi adanya kepastian 8 kali tidak melanjutkan penyediaan masak, dari 48 yang belum memberi informasi tampaknya jumlah yang terus melanjutkan penyediaan masak akan mayoritas.

0 comments:

Post a Comment