Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, March 6, 2020

Santo Silvester dari Asisi

diambil dari katakombe.org/para-kudus Hits: 4790 Diterbitkan: 30 Agustus 2014 Diperbaharui: 24 Februari 2017

  • Perayaan
    6 Maret
  •  
  • Lahir
    Sekitar tahun 1175
  •  
  • Kota asal
    Asisi - Italia
  •  
  • Wafat
    6 March 1240 - Oleh sebab alamiah
    Dimakamkan disamping Santo Fransiskus Asisi di Basillica Santo Fransiskus - Asisi Italia
  •  
  • Beatifikasi
    -
  •  
  • Kanonisasi
    Bila anda memiliki informasi tentang Kanonisasi Santo Sylvester; mohon menghubungi Admin

Santo  Sylvester dari Assisi adalah saudara sepupu dari  Santa Klara dari Asisi dan salah seorang pengikut pertama Santo Fransiskus Asisi. Ia juga disebut sebagai imam pertama dari Ordo Fransiskan. 
Sylvester lahir dari keluarga bangsawan Maldonaldo  di kota Asisi.  Ayahnya yang bernama Rosone di Monaldo adalah saudara dari Favarone di Monaldo, ayah dari Santa Klara dari Assisi.   
Kisah kehidupan rohaninya bermula pada tahun 1209, ketika ia menjual batu bata kepada Santo Fransiskus, yang tengah berupaya memperbaiki sebuah bangunan Gereja yang hampir roboh. Beberapa waktu kemudian ia melihat Santo Fransiskus sedang bersama-sama dengan Bernard Quintavalle, seorang bangsawan setempat yang telah menjadi pengikut Santo Fransiskus. Bernard telah menjual segala harta miliknya dan kini bersama Santo Fransiskus ia membagi-bagikan seluruh uang hasil penjualan harta kekayaannya itu kepada orang-orang miskin. Seketika Sylvester merasa malu akan keserakahannya karena ia telah mengambil keuntungan yang cukup besar saat menjual batu bata kepada Santo Fransiskus. Dengan penuh penyesalan Ia lalu menjual segala harta miliknya, mulai menjalani silih dosa, dan bergabung dengan komunitas Santo Fransiskus.
Sylvester kemudian dikenal akan keteguhannya dalam menjalani kehidupan dalam semangat kemiskinan dan kontemplasi. Bersama dengan sepupunya, Santa Klara, ia terus berdoa bagi pencerahan spiritual mereka dan bagi Santo Fransiskus.  Adalah Santo Sylvester dan Santa Klara yang kerap meminta Santo Fransiskus untuk juga melayani Tuhan dengan cara berkotbah bagi umat, bukan saja dengan mencurahkan diri dalam doa dan keheningan.  Dan bila Santo Fransiskus pergi berkotbah;  Sylvester akan selalu menyertainya.
Suatu ketika, mereka tiba di kota Arezzo yang para penduduknya tengah terlibat dalam perang saudara karena mereka semua tengah dirasuki setan. Santo Fransiskus meminta Sylvester untuk mengusir setan-setan itu keluar dari kota tersebut. Dari depan gerbang kota Santo Sylvester berseru: "Dalam nama Tuhan yang Maha Kuasa dan berdasarkan perintah hamba-Nya, Fransiskus, Berangkatlah dari sini, kalian semua roh-roh jahat."  Dan roh-roh jahat yang merasuki para penduduk segera pergi hingga kota kembali damai.  
Santo Bonaventura, secara cara yang khusus, menyebutkan bahwa Sylvester adalah seorang yang sangat dekat dengan Santo Fransiskus. Sylvester meninggal di Assisi pada tahun 1240. Dia adalah salah satu dari empat sahabat Santo Fransiskus yang dimakamkan di dekat makamnya di Basilika Santo Fransiskus di Assisi.

0 comments:

Post a Comment