Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, August 29, 2020

Yang Kini Disuapi



Bagaimanapun juga makin uzur seseorang, kondisi taubuhnya memang mudah melemah. Rm. Jayasewaya adalah kelahiran 18 Juli 1934. Beliau masuk rumah tua Wisma Santo Petrus Kentungan dikarenakan oleh beberapa penyakit yang harus dijaga. Ketika masuk Domus Pacis Puren pada bulan-bulan akhir 2018, beliau masih dijaga gula darahnya. Kini tensi dan gula darahnya memang selalu terkontrol baik walaupun harus tetap ditopang dengan obat-obatan. Sebenarnya ketika masuk Puren beliau sudah mengidap kepikunan. Barangkali usia 86 tahun dengan idapan penyakit-penyakit dan kepikunan, hal-hal ini medorong fisik yang melemah. Kalau tadinya masih dapat berjalan dengan bantuan alat walker, kini mobilitasnya harus dengan kursi roda dan didorong oleh karyawan. Untuk urusan kamar mandi dan WC juga harus dilayani. Bahkan untuk makan kini ada karyawan yang membantu menyiapkan dan menyuapi.

Kondisi Rm. Jaya masih lebih baik dibandingkan dengan Rm. Harto. Kalau Rm. Jaya masih dapat menyantap langsung nasi dan lauk serta sayurannya, sekalipun harus disuapi, untuk Rm. Harto semua itu harus diblender lebih dahulu. Memang, daya ingat Rm. Harto masih tajam dan belum pikun. Tanggal lahir 29 Januari 1955 untuk Domus Pacis Puren juga masih menempatkannya sebagai orang muda. Tetapi kondisi tubuhnya jauh lebih lemah dibandingan dengan Rm. Jaya. Beliau pernah dibantu oleh teman alumni SD untuk operasi otak sebagai cara melawan tremor yang dideritanya. Tetapi, barangkali dalam hal berlatih fisik sulit terlaksana, kedua tangannya cukup melemah. Telapak tangan tidak dapat memegang barang dan alat makan dengan kokoh. Kondisi kaki sudah lama tidak dapat difungsikan. Suarapun juga amat lemah dan artikulasinya sulit ditangkap. Urusan kamar mandi dan WC sudah lama berada dalam pelayananan. Kini kalau makan juga ada karyawan yang membantu menyuapi.

0 comments:

Post a Comment