Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, September 22, 2020

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Padre Pio, Imam

Rabu, 23 September 2020

Lukas 9:1-6

1. Maka Yesus memanggil kedua belas murid-Nya, lalu memberikan tenaga dan kuasa kepada mereka untuk menguasai setan-setan dan untuk menyembuhkan penyakit-penyakit. 2 Dan Ia mengutus mereka untuk memberitakan Kerajaan Allah dan untuk menyembuhkan orang, 3 kata-Nya kepada mereka: "Jangan membawa apa-apa dalam perjalanan, jangan membawa tongkat atau bekal, roti atau uang, atau dua helai baju. 4 Dan apabila kamu sudah diterima dalam suatu rumah, tinggallah di situ sampai kamu berangkat dari situ. 5 Dan kalau ada orang yang tidak mau menerima kamu, keluarlah dari kota mereka dan kebaskanlah debunya dari kakimu sebagai peringatan terhadap mereka." 6 Lalu pergilah mereka dan mereka mengelilingi segala desa sambil memberitakan Injil dan menyembuhkan orang sakit di segala tempat.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, di dalam Gereja yang namanya tugas pewartaan biasa dikaitkan dengan kegiatan keagamaan. Pewarta adalah orang yang sibuk dengan ajaran agama.
  • Tampaknya, petugas pewartaan kerap dikaitkan dengan penyebar ajaran agama. Selain untuk membina keagamaan umat, pewarta juga berusaha menarik orang-orang lain untuk menjadi anggota agamanya.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, sekalipun giat mengajar agama orang belum tentu menjadi pewarta iman sejati kalau tidak menebar sikap memperhatikan kehadiran Tuhan di dalam hidup kongkret dan terlibat mengentaskan kaum papa dan menderita. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar bahwa tugas iman terutama adalah tugas kemanusiaan.

Ah, untuk menjadi pewarta iman orang harus mendalami agama lebih dahulu.

0 comments:

Post a Comment