Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, September 29, 2020

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Hieronimus, Imam dan Pujangga Gereja

Rabu, 30 September 2020

Lukas 9:57-62

57. Ketika Yesus dan murid-murid-Nya melanjutkan perjalanan mereka, berkatalah seorang di tengah jalan kepada Yesus: "Aku akan mengikut Engkau, ke mana saja Engkau pergi." 58 Yesus berkata kepadanya: "Serigala mempunyai liang dan burung mempunyai sarang, tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya." 59 Lalu Ia berkata kepada seorang lain: "Ikutlah Aku!" Tetapi orang itu berkata: "Izinkanlah aku pergi dahulu menguburkan bapaku." 60 Tetapi Yesus berkata kepadanya: "Biarlah orang mati menguburkan orang mati; tetapi engkau, pergilah dan beritakanlah Kerajaan Allah di mana-mana." 61 Dan seorang lain lagi berkata: "Aku akan mengikut Engkau, Tuhan, tetapi izinkanlah aku pamitan dahulu dengan keluargaku." 62 Tetapi Yesus berkata: "Setiap orang yang siap untuk membajak tetapi menoleh ke belakang, tidak layak untuk Kerajaan Allah."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, bagaimanapun juga pada umumnya orang memiliki pengalaman-pengalaman masa lampau. Bahkan hidupnya masa kini adalah bangunan dari jejak-jejak masa lalu.
  • Tampaknya, orang memang harus dapat menemukan nilai-nilai hidup yang terejawantah di masa dulu. Bahkan ada ungkapan JASMERAH (Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah).
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, walau harus belajar dari pengalaman masa lalu, dalam menjalani hidup orang harus memiliki gambaran hidup ke depan berpegang pada keadaan nyata yang kini ada di hadapannya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati seindah apapun pengalaman masa lalu orang tak akan terjebak oleh keinginan untuk selalu menghayati hal sama.

Ah, praktek-praktek indah masa lalu harus diabadikan.

1 comments:

Sunflower said...

ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
terimakasih ya waktunya ^.^

Post a Comment