Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, September 20, 2020

Lamunan Pesta

Santo Matius, Rasul dan Penulis Injil

Senin, 21 September 2020

Matius 9:9-13

9. Setelah Yesus pergi dari situ, Ia melihat seorang yang bernama Matius duduk di rumah cukai, lalu Ia berkata kepadanya: "Ikutlah Aku." Maka berdirilah Matius lalu mengikut Dia. 
10 Kemudian ketika Yesus makan di rumah Matius, datanglah banyak pemungut cukai dan orang berdosa dan makan bersama-sama dengan Dia dan murid-murid-Nya. 11 Pada waktu orang Farisi melihat hal itu, berkatalah mereka kepada murid-murid Yesus: "Mengapa gurumu makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?" 12 Yesus mendengarnya dan berkata: "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit. 13 Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa."

Butir-butir Permenungan

  • Katanya, ada macam-macam panggilan ilahi untuk menghayati iman dalam Gereja Katolik. Ada panggilan hidup berkeluarga, ada panggilan hidup membiara, dan ada panggilan hidup imamat.
  • Katanya, orang dapat menghayati panggilan hidup itu kalau memiliki kehidupan layak. Hidupnya adalah baik, benar, dan mulia.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun mampu bertahan hidup dengan suami atau istri, atau hidup menjadi biarawan-biarawati, atau hidup sebagai imam, orang belum tentu sungguh menghayati panggilan iman kalau tidak menyadari kelemahan dan ketidakbenaran dalam dirinya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati panggilan iman adalah kepedulian Tuhan untuk membawa orang mengalami segar bugar batin dalam ketidaksegaran dan ketidakbugaran hidupnya. 

Ah, yang dicintai Tuhan itu yang tidak berkubang dosa.

0 comments:

Post a Comment