Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, May 6, 2020

Lamunan Pekan Paskah IV

Kamis, 7 Mei 2020

Yohanes 13:16-20                         

13:16 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya, ataupun seorang utusan dari pada dia yang mengutusnya.
13:17 Jikalau kamu tahu semua ini, maka berbahagialah kamu, jika kamu melakukannya.
13:18. Bukan tentang kamu semua Aku berkata. Aku tahu, siapa yang telah Kupilih. Tetapi haruslah genap nas ini: Orang yang makan roti-Ku, telah mengangkat tumitnya terhadap Aku.
13:19 Aku mengatakannya kepadamu sekarang juga sebelum hal itu terjadi, supaya jika hal itu terjadi, kamu percaya, bahwa Akulah Dia.
13:20 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa menerima orang yang Kuutus, ia menerima Aku, dan barangsiapa menerima Aku, ia menerima Dia yang mengutus Aku."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, tidak sedikit yang memiliki gambaran bahwa menerima Tuhan terbukti dengan kesediaan hidup beragama. Orang akan memeluk agama tertentu.
  • Tampaknya, kesediaan untuk taat pada tatanan agama menjadi bukti ketaatan orang kepada Tuhan. Dengan rajin membaca Kitab Suci dan percaya akan ajaran-ajaran agama orang sudah dapat yakin terbuka pada Tuhan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun tekun beragama dan rajin menjalani segala ajaran dan tatanannya, orang dapat belum sungguh menerima yang ilahi kalau tidak menerima orang lain yang hidup tulus berpegang pada suara nurani. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan sadar bahwa hidup beragama adalah rambu-rambu untuk memudahkan orang terbuka pada amanat-amanat yang ada dalam nurani.
Ah, asal menjalani wajib-wajib agama orang tentu sudah beriman.

0 comments:

Post a Comment