Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, May 12, 2020

Novena Domus 2020 Hanya Maret


Sejak tahun 2013 Domus Pacis Puren selalu menggelar kegiatan Novena Ekaristi Seminar. Disebut Novena karena selalu terjadi sembilan kali. Ini terselenggara mulai dengan bulan Maret hingga November setiap Minggu Pertama dari jam 09.00-12.00. Setiap penyelenggaraan selalu diisi dengan seminar dua jam dan kemudian ditutup dengan Perayaan Ekaristi. Setiap tahun selalu ada tema-tema besar untuk memperdalam dunia kaum lansia. Tema besar dijabarkan dalam tema-tema kecil yang disajikan sebulan sekali. Penyelenggaraan selalu menjadi ungkapan saling berbagi. Pembicara berbagi wawasan sehingga selalu tidak menerima honorarium. Tim relawan menyiapkan akomodasi dan konsumsi secara murah. Sedang para peserta bisa menyumbang uang dengan kolekte sukarela.

Tetapi pada tahun 2020 telah terjadi pandemi corona-19. Pada bulan Maret, sekalipun sudah mulai terasa datangnya bahaya, Mgr. Rubi masih mengisi pembicaraan dan memimpin Misa. Tetapi karena kerumunan menjadi larangan, bulan April, Mei dan Juni Rm. Bambang sudah membatalkan pengisi dari RS Panti Rapih dan Universitas Atmajaya Yogyakarta. Dan kemudian, Rm. Bambang membuat keputusan untuk meniadakan lima bulan lainnya (Juli, Agustus, September, Oktober, November). Sebenarnya Bapak Prof Dr. Supratiknya, yang seharusnya mengisi bulan April, sudah bersedia dipindahkan ke bulan Desember. Namun yang diputuskan oleh Rm.Bambang adalah Novena Domus tahun 2020 hanya terjadi sekali pada Maret 2020. Yang lain ditiadakan dengan pertimbangan :

  • Surat edaran Bapak Uskup Agung Semarang agar membatalkan kegiatan-kegiatan umat sampai keadaan memungkinkan (bdk PERENCANAAN STRATEGIS MENGHADAPI PANDEMI COVID-19 Nomor: 0412/A/10/20-21); 
  • Belum ada kepastian kapan kondisi umum sungguh bebas dari bahaya penularan covid-19;
  • Adanya kemungkinan pada tahun 2020 ini Domus Pacis Puren akan segera dipakai menjadi pusat pastoral Kevikepan Yogyakarta Timur;
  • Adanya kemungkinan para rama Komunitas Domus Pacis Puren pada tahun ini segera pindah ke Domus Pacis Santo Petrus, Kentungan.
Semoga informasi ini dapat dimaklumi oleh semua pihak yang bersangkutan. Berkah Dalem.

0 comments:

Post a Comment