Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, November 22, 2020

Lamunan Pekan Biasa XXXIV

Senin, 23 November 2020

Lukas 21:1-4

1. Ketika Yesus mengangkat muka-Nya, Ia melihat orang-orang kaya memasukkan persembahan mereka ke dalam peti persembahan. 2 Ia melihat juga seorang janda miskin memasukkan dua peser ke dalam peti itu. 3 Lalu Ia berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak dari pada semua orang itu. 4 Sebab mereka semua memberi persembahannya dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, bahkan ia memberi seluruh nafkahnya."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, di dalam kehidupan beragama ada hal-hal wajib yang harus dijalani oleh umat. Bersedekah adalah salah satu kewajiban disamping doa dan puasa.
  • Tampaknya, dalam hal bersedekah ada ukuran berapa besar orang harus menyerahkan. Banyak sedikitnya sedekah biasa diukur dengan besar kecilnya kekayaan seseorang.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun jumlah sedekah dipandang besar karena sesuai kekayaan yang besar, besar kecilnya sedekah sejatinya berkaitan dengan keikhlasan hati mengurangi beaya kebutuhan hidup. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati dalam bersedekah orang sadar bahwa itu adalah berbagi kehidupan sehingga ada yang berkurang dari persediaan untuk kebutuhannya.

Ah, bagaimanapun juga sedekah besar selalu diharapkan dari orang-orang kaya.

0 comments:

Post a Comment