Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, October 23, 2014

Lamunan Pekan Biasa XXIX

Jumat, 24 Oktober 2014

Lukas 12:54-59

12:54 Yesus berkata pula kepada orang banyak: "Apabila kamu melihat awan naik di sebelah barat, segera kamu berkata: Akan datang hujan, dan hal itu memang terjadi.
12:55 Dan apabila kamu melihat angin selatan bertiup, kamu berkata: Hari akan panas terik, dan hal itu memang terjadi.
12:56 Hai orang-orang munafik, rupa bumi dan langit kamu tahu menilainya, mengapakah kamu tidak dapat menilai zaman ini?
12:57 Dan mengapakah engkau juga tidak memutuskan sendiri apa yang benar?
12:58 Sebab, jikalau engkau dengan lawanmu pergi menghadap pemerintah, berusahalah berdamai dengan dia selama di tengah jalan, supaya jangan engkau diseretnya kepada hakim dan hakim menyerahkan engkau kepada pembantunya dan pembantu itu melemparkan engkau ke dalam penjara.
12:59 Aku berkata kepadamu: Engkau tidak akan keluar dari sana, sebelum engkau membayar hutangmu sampai lunas."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, di era globalisasi ilmu pengetahuan dan tekhnologi (IPTEK) maju dan berkembang pesat. Dengan perkembangan IPTEK orang dituntut untuk memiliki pandangan ke depan.
  • Tampaknya, di era global IPTEK selalu melandaskan diri pada data dan pengalaman kongkret. Dengan ini orang dapat membidik bahkan merencanakan hal-hal yang akan terjadi dalam kurun waktu tertentu.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa segala pengetahuan dan tekhnologi hanya akan membuat orang tak memiliki integritas diri dan menciptakan berbagai perpecahan kalau tidak mencari perkembangan nilai-nilai kemanusiaan di balik segalanya yang selalu baru dan diperbarui. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang tidak akan kehilangan kontak dengan kedalaman hatinya di tengah perkembangan situasi hidup dan budaya.
Ah, jaman sekarang yang pokok peka menemukan keuntungan finansial di tengah perkembangan dan perubahan hidup.

0 comments:

Post a Comment