Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, October 7, 2014

Lamunan Pekan Biasa XXVII

Rabu, 8 Oktober 2014

Lukas 11:1-4

11:1 Pada suatu kali Yesus sedang berdoa di salah satu tempat. Ketika Ia berhenti berdoa, berkatalah seorang dari murid-murid-Nya kepada-Nya: "Tuhan, ajarlah kami berdoa, sama seperti yang diajarkan Yohanes kepada murid-muridnya."
11:2 Jawab Yesus kepada mereka: "Apabila kamu berdoa, katakanlah: Bapa, dikuduskanlah nama-Mu; datanglah Kerajaan-Mu.
11:3 Berikanlah kami setiap hari makanan kami yang secukupnya
11:4 dan ampunilah kami akan dosa kami, sebab kami pun mengampuni setiap orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, doa adalah kegiatan yang paling menonjol dalam hidup keagamaan umat pada umumnya. Orang yang sungguh beragama tidak akan menghindari kegiatan doa baik sendiri maupun bersama-sama.
  • Tampaknya, demi benar dan baiknya, doa agama menghadirkan bentuk-bentuk baik yang berasal dari tradisi maupun yang berkembangan sesuai dinamika zaman. Bahkan agama dapat menata dan memberikan pedoman-pedoman agar doa benar dan baik.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa kesejatian doa adalah komunikasi mesra orang dengan Tuhan sehingga selalu membuat orang mengagumi-Nya dan menghadirkan kenyataan hidupan sehari-hari. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang dalam doanya akan mengalami sikap mesra  dan terbuka pada suara dalam kemendalaman batinnya.
Ah, doa harus mengikuti tatanan dan tak boleh terlalu individual agar tidak sesat.

0 comments:

Post a Comment