Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, October 6, 2014

Sabda Hidup

Selasa, 07 Oktober 2014
Peringatan Wajib SP Maria, Ratu Rosario
warna liturgi Putih
Bacaan:
Gal. 1:13-24; Mzm. 139:1-3,13-14ab,14c-15; Luk. 10:38-42. BcO Sir. 3:1-16

Lukas 10:38-42:
38 Ketika Yesus dan murid-murid-Nya dalam perjalanan, tibalah Ia di sebuah kampung. Seorang perempuan yang bernama Marta menerima Dia di rumahnya. 39 Perempuan itu mempunyai seorang saudara yang bernama Maria. Maria ini duduk dekat kaki Tuhan dan terus mendengarkan perkataan-Nya, 40 sedang Marta sibuk sekali melayani. Ia mendekati Yesus dan berkata: "Tuhan, tidakkah Engkau peduli, bahwa saudaraku membiarkan aku melayani seorang diri? Suruhlah dia membantu aku." 41 Tetapi Tuhan menjawabnya: "Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara, 42 tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya."

Renungan:
Dalam suatu misa, kala bacaan pertama dibacakan, mataku tertuju pada umat yang duduk di depanku. Tangannya sibuk dengan hpnya. Tampaknya dia lagi mengetik pesan. Lalu dia mendongak, mungkin ngerasa ada yang melihat. Matanya mengarah padaku. Dengan tergesa-gesa ia memasukkan hpnya lalu tertunduk. Kejadian ini berlangsung sangat cepat. Aku pun memejamkan mataku berkonsentrasi mendengarkan suara lektor membaca Kitab Suci.
Ekaristi adalah kesempatan kita berjumpa dan berdialog dengan Tuhan. Kiranya tidaklah lama waktu yang kita lepaskan. Namun seringkali kita melepaskan kesempatan itu karena sibuk dengan segala perkara kita. Andai Yesus ada, mungkin kata-kata yang Dia sampaikan pada Marta pun bisa diulang lagi "engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara" (Luk 10:41). Kesempatan kehadiranNya, dalam Ekaristi, menjadi kesempatan bagiNya untuk berwawan hati dengan umat yang disayangiNya. Dan tentunya Tuhan pun berharap umat berkenan menyediakan waktu untukNya. "Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya" (Luk 10:42). Maria memberi waktu untuk Yesus. Ia duduk dan berdialog dengan Yesus. Ia melepaskan kepentingan-kepentingan dirinya dan membiarkan Yesus mengisi hidupnya dengan sabdaNya.
Marilah kita menyediakan waktu bagi Tuhan untuk bersabda.
 
Kontemplasi:
Bayangkan dirimu duduk dengan tenang mendengarkan sabda Tuhan.

Refleksi:
Sejauh mana anda memberikan waktu untuk Tuhan

Doa:
Tuhan, semoga aku mampu memilih yang terbaik untukMu. Amin.

Perutusan:
Aku akan fokus kala mengikuti Ekaristi dan mengesampingkan hpku. 

0 comments:

Post a Comment