Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, December 19, 2019

Celdam Milenial?



Salah satu penghuni rumah tua sungguh kerap membuat karyawan kerepotan. Kencing biasa terjadi di celana. Demikian juga buang air besar. Air kencing dan air besar begitu lancar keluar dan selalu mampu mendahului sampainya sang penghuni sampai toilet. Padahal keluarnya dapat terjadi ketika masih duduk di kursi. Bahkan ketika sedang berbaring di tempat tidur kedua macam air itu dapat nongol.

Lebih parah lagi si penghuni ternyata sudah kejangkitan kepikunan. Ketika kencing atau buang air besar di sembarang tempat dia kerap melap dan membersihkan dengan kain yang ada di dekatnya. Ketika sedang berbaring di tempat tidur selimut dan sprei juga dapat jadi korban. Daaan ..... kegiatan pembersihan itu justru menjadi pemerataan kotoran di tubuhnya. Maka, karyawan dapat memandikannya tiga atau lima kali sehari. Para karyawan meminta dia memakai pempers. Ketika dia bertanya apa itu pempers, karyawan menjawab “popok”. Ternyata dia langsung menolak dan berkata “Aku tidak mau diperlakukan seperti bayi!”

Pada suatu kali penghuni itu omong-omong dengan pengurus rumah. Dia bertanya “Sekarang di TV kok sering ada kata milenial. Itu artinya apa, ta?” “Oooo, itu istilah untuk jaman kini yang artinya amat sangat maju. Itu menyangkut perkembangan kemampuan manusia yang bisa berbuat hal-hal jauh lebih hebat dibanding jamanmu” jawab si pengurus. “Kalau begitu itu di luar pengetahuan orang seperti aku.” Tiba-tiba pengurus itu teringat sesuatu dan lalu berkata “Betul! Orang sekarang bisa membuat celana khusus yang bisa dipakai oleh orang seperti kamu yang mudah kencing dan berak tak terkendali.” “Benarkah?” “Betul! Kalau celana itu kamu pakai, kamu dapat kencing dan berak dengan bebas. Dan kamu tetap bersih.” “Belikan aku.” Sejak itulah si penghuni mau memakai pempers celana.Si pengurus hanya berpesan pada para karyawan “Kamu jangan omong kalau itu pempers. Kamu harus bilang itu adalah celana dalam milenial.”   

0 comments:

Post a Comment