Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, December 31, 2019

Lamunan Hari Raya

Santa Maria Bunda Allah
Rabu, 1 Januari 2020

Lukas 2:16-21

2:16 Lalu mereka cepat-cepat berangkat dan menjumpai Maria dan Yusuf dan bayi itu, yang sedang berbaring di dalam palungan.
2:17 Dan ketika mereka melihat-Nya, mereka memberitahukan apa yang telah dikatakan kepada mereka tentang Anak itu.
2:18 Dan semua orang yang mendengarnya heran tentang apa yang dikatakan gembala-gembala itu kepada mereka.
2:19 Tetapi Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya dan merenungkannya.
2:20 Maka kembalilah gembala-gembala itu sambil memuji dan memuliakan Allah karena segala sesuatu yang mereka dengar dan mereka lihat, semuanya sesuai dengan apa yang telah dikatakan kepada mereka.
2:21. Dan ketika genap delapan hari dan Ia harus disunatkan, Ia diberi nama Yesus, yaitu nama yang disebut oleh malaikat sebelum Ia dikandung ibu-Nya.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, seseorang menjadi ibu atau bapak karena sudah berkeluarga. Mereka dapat merasa sungguh ibu dan bapak karena mempunyai anak.
  • Tampaknya, di dalam kebersamaan ada juga sosok yang dituakan. Dia adalah seorang pemimpin dan mendapatkan penghormatan khusus.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, sekalipun di dalam keluarga sudah memiliki beberapa anak atau di dalam hidup bersama menjadi seorang pemimpin, orang sungguh menjadi orangtua dan dituakan karena memiliki kebiasaan memasukkan segala hal dan peristiwa ke dalam hati dan memikir-mikirkannya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan mampu menjadi salah satu sumber hidup karena biasa mendialogkan segala yang dialami dengan nuraninya.
Ah, orangtua sejati itu ya yang bisa membeayai anak.

0 comments:

Post a Comment