Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, December 24, 2019

Lamunan Hari Raya

Natal Pagi
Rabu, 25 Desember 2019

Lukas 2:15-20

2:15 Setelah malaikat-malaikat itu meninggalkan mereka dan kembali ke sorga, gembala-gembala itu berkata seorang kepada yang lain: "Marilah kita pergi ke Betlehem untuk melihat apa yang terjadi di sana, seperti yang diberitahukan Tuhan kepada kita."
2:16 Lalu mereka cepat-cepat berangkat dan menjumpai Maria dan Yusuf dan bayi itu, yang sedang berbaring di dalam palungan.
2:17 Dan ketika mereka melihat-Nya, mereka memberitahukan apa yang telah dikatakan kepada mereka tentang Anak itu.
2:18 Dan semua orang yang mendengarnya heran tentang apa yang dikatakan gembala-gembala itu kepada mereka.
2:19 Tetapi Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya dan merenungkannya.
2:20 Maka kembalilah gembala-gembala itu sambil memuji dan memuliakan Allah karena segala sesuatu yang mereka dengar dan mereka lihat, semuanya sesuai dengan apa yang telah dikatakan kepada mereka.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, omongan orang kecil rakyat biasa tak berpendidikan dapat disepelekan. Apalagi kalau omongan itu berada di luar nalar sehingga dapat dianggap ngawur dan aneh-aneh.
  • Tampaknya, sekalipun siapapun dapat membuat berita karena alat digital dapat dimiliki oleh siapapun, omongan orang biasa juga dapat disepelekan. Kalau mereka bicara hal yang menyangkut soal pejabat tinggi salah-salah dapat kena perkara melanggar undang-undang penggunaan tekhnologi informasi.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul mesra dengan kedalaman batin, sekalipun hanya berasal dari orang-orang kecil yang oleh umum dipandang tidak berkualitas apalagi di luar nalar, orang akan memasukkan segala berita dan peristiwa ke dalam hati dan menjadikannya sebagai bahan omongan dengan relung kalbu. Dalam yang ilahi, karena kemesraannya dengan relung hati orang akan biasa memasukkan segalanya dalam hati dan merenungkannya.
Ah, hal yang tak mutu tak perlu digubris.

0 comments:

Post a Comment