Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, December 25, 2019

Dialog Keceriaan?



Yang namanya komunikasi selalu membuat dua orang atau lebih mampu sambung satu sama lain. Di dalam pembicaraan satu sama lain dapat saling berbicara mengungkapkan hati dan saling mendengarkan apa yang dikatakan oleh partner bicaranya.

Yang namanya komunitas selalu berkaitan dengan orang-orang yang menjalin ikatan persaudaraan. Orang-orang yang tidak mempunyai hubungan darah tetapi tinggal serumah juga dapat menjadi komunitas. Sebuah komunitas akan ditandai oleh terjadinya dialog persaudaraan antar para anggotanya. Kalau ini terjadi akan terciptalah suasana indah kebersamaan, yaitu kegembiraan.

Terkisah ada komunitas yang para anggotanya terdiri dari orang-orang yang sudah lanjut usia. Dari antara mereka sudah ada yang lemah pendengaran. Bahkan salah satunya sudah amat parah dan amat sangat sulit untuk menangkap isi omongan orang lain. Untuk berbicara dengannya orang harus omong dengan volume suara amat keras sekali. Namun demikian, meskipun tidak dapat menangkap isi omongan, beliau akan selalu tersenyum ikut gembira kalau di antara para penghuni lain saling berbicara dan tertawa. Wajahnya tidak pernah terlihat keruh. Mimik ceria selalu tampak menceriakan hati yang melihat.

Kegembiraan bersama penghuni yang selalu tersenyum itu juga dapat dialami oleh rombongan-rombongan tamu yang berkunjung. Dalam kunjungan biasa terjadi tanya-jawab tentang kehidupan komunitas. Setiap kali beliau mendapat gilirian berbicara di hadapan semua tamu dan teman-teman sekomunitas, pastilah terjadi kegembiraan penuh tawa bahkan terpingkal-pingkal. Sebagai contoh dapat disodorkan di sini.
Tanya:   Kegiatan apa saja yang kini Anda jalani sehari-hari?
Jawab:   Saya dulu menjadi ketua sebuah oraganisasi nirlaba (kemudian omong yang dulu).
Tanya:   Ooo, apa nama organisasi itu?
Jawab:   Benar, saya berasal dari desa (lalu omong tentang desanya).
Tanya:   Sebagai orang yang berasal dari desa, bagaimana Anda bisa mendapatkan karier hebat.
Jawab:   Saudara saya ada delapan (seterusnya beliau berceritera tentang orang tua dan silsilahnya)

Yang jelas setiap kali ada jawaban, para tamu tak dapat menahan tawa. Itu semua adalah bukti dari kata-kata salah satu anggota rumah “Kini kita akan mendengar MODEL DIALOG MONOLOGIS”.

0 comments:

Post a Comment