Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, October 15, 2019

Lamunan Pekan Biasa XXVIII

Rabu, 16 Oktober 2019

Lukas 11:42-46

11:42 Tetapi celakalah kamu, hai orang-orang Farisi, sebab kamu membayar persepuluhan dari selasih, inggu dan segala jenis sayuran, tetapi kamu mengabaikan keadilan dan kasih Allah. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan.
11:43 Celakalah kamu, hai orang-orang Farisi, sebab kamu suka duduk di tempat terdepan di rumah ibadat dan suka menerima penghormatan di pasar.
11:44 Celakalah kamu, sebab kamu sama seperti kubur yang tidak memakai tanda; orang-orang yang berjalan di atasnya, tidak mengetahuinya."
11:45 Seorang dari antara ahli-ahli Taurat itu menjawab dan berkata kepada-Nya: "Guru, dengan berkata demikian, Engkau menghina kami juga."
11:46 Tetapi Ia menjawab: "Celakalah kamu juga, hai ahli-ahli Taurat, sebab kamu meletakkan beban-beban yang tak terpikul pada orang, tetapi kamu sendiri tidak menyentuh beban itu dengan satu jaripun.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, orang dapat mengatakan bahwa guru dan dosen amat berjasa dalam transfer ilmu. Bahkan guru dapat bangga karena ada tradisi yang menyebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.
  • Tampaknya, kemampuan memotivasi orang lain juga dapat menjadi keahlian. Itu dapat menjadi profesi yang membanggakan karena dapat membuat pelakunya dikagumi oleh banyak orang.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun pengajar dan motivator dapat termasuk profesi yang membanggakan karena golongan yang dibutuhkan, pelakunya dapat mengalami keterpurukan kalau tak jadi pelaku yang diomongkan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya gema relung hati orang akan menata yang diomongkan dan yang dilakukan sebagai ungkapan dan wujud pancaran yang ada dalam nurani.
Ah, asal tidak masuk golongan kaum jahat orang jelas sudah baik.

0 comments:

Post a Comment