Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, October 4, 2019

Percikan Nas Jumat, 04 Oktober 2019

Peringatan Wajib St. Fransiskus dr Assisi
warna liturgi Putih

Bacaan-bacaan:
Bar. 1:15-22; Mzm. 79:1-2,3-5,8-9; Luk. 10:13-16;
BcO 2Raj. 17:24-41.

Bacaan Injil: 
13 "Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung. 14 Akan tetapi pada waktu penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu. 15 Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati! 16 Barangsiapa mendengarkan kamu, ia mendengarkan Aku; dan barangsiapa menolak kamu, ia menolak Aku; dan barangsiapa menolak Aku, ia menolak Dia yang mengutus Aku."

Memetik Inspirasi:
Suatu kali ada orang bilang males menerima pengakuan dosa, gak enak karena kenal dengan ramanya. Walau demikian karena dorongan hatinya ia pun pergi mencari imam yang tidak ia kenal dan tua. Karena pendengarannya sudah tidak baik imam itu minta padanya untuk omong agak keras. Selesai pengakuan ia melihat orang-orang yang antri. Mereka ada yang tersenyum, ada pula yang menatapnya dengan wajah yang .... Ia lalu sadar mungkin orang-orang itu mendengar pengakuannya.
Rasa sungkan, rasa malas, rasa malu sering menjadi hambatan untuk menerima sakramen pengampunan dosa. Banyak orang mengurungkan bahkan menolak menerimanya. Salah satu penyebab yang sering muncul adalah kemungkinan berdosa yang sama lagi.
Orang Korasim, Betsaida dan Kapenaum tidak segera bertobat walau telah menyaksikan banyak perbuatan dan perkataan Tuhan. Mereka tidak peka pada tanda-tanda dari Tuhan. Tuhan pun memberi sabda celaka kepada mereka. Tuhan menyukai mereka yang tekun mengadakan pertobatan. Ia tidak suka pada mereka yang merasa baik dan benar serta tidak mau mengakui kesalahannya.

Refleksi: 
Bagaimana hidup pertobatanmu?

Doa: 
Tuhan Engkau menyukai mereka yang mau mengakui kesalahannya dan bertobat. Semoga kami pun sadar diri akan kesalahan-kesalahan kami dan bertobat. Amin.

Bertobat
MoGoeng
Wates

Kalau mau ngintip bisa buka channel youtube: agoeng nas (baru ada 3 video gemblung)

0 comments:

Post a Comment