Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, December 8, 2020

Lamunan Pekan Adven II

Rabu, 9 Desember 2020

Matius 11:28-30

28 Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. 29 Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. 30 Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan.”

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, justru dalam kehidupan harianlah orang dapat merasakan beratnya tanggungan. Dia harus menghadapi kerutinan yang mudah menghadirkan kebosanan.
  • Tampaknya, justru dalam keseharianlah orang merasakan kerasnya hidup karena harus kerja mencari nafkah. Kehidupan makin berat dan dapat membuat frustrasi kalau harus menghadapi tuntutan-tuntutan sosial apalagi kalau dalam keluarga sendiri muncul masalah.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun dalam keseharian memiliki beban berat, orang tidak akan menjalaninya dengan perasaan penuh kegundahan dalam kecemberutan kalau segalanya selalu biasa dibawa sebagai omongan dengan relung hatinya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan mengalami keadaan apapun bahkan yang menghadirkan beban berat dengan enak dan tenang karena tak pernah jauh dari rasa riang.

Ah, orang harus menghindari hal-hal yang hanya menjadi beban berat.

0 comments:

Post a Comment