Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, December 20, 2020

Lamunan Pekan Adven IV

Hari Biasa Khusus

Senin, 21 Desember 2020

Lukas 1:39-45

39. Beberapa waktu kemudian berangkatlah Maria dan langsung berjalan ke pegunungan menuju sebuah kota di Yehuda. 40 Di situ ia masuk ke rumah Zakharia dan memberi salam kepada Elisabet. 41 Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabetpun penuh dengan Roh Kudus, 42 lalu berseru dengan suara nyaring: "Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu.  43 Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku? 44 Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan. 45 Dan berbahagialah ia, yang telah percaya, sebab apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan, akan terlaksana."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, ada gambaran bahwa orang yang dekat Tuhan akan tampak dalam hidup keagamaan. Dengan beragama orang ada dalam lingkungan ilahi.
  • Tampaknya, ada anggapan bahwa makin mesra seseorang dengan Tuhan makin tekunlah dia dalam menjalani agama. Dia akan aktif ikut doa, peribadatan, dan kegiatan-kegiatan keagamaan yang lain.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, sekalipun agama memang sarana untuk dekat Tuhan, kesungguhan orang dekat dan berada dalam Tuhan pertama-tama akan tertandai oleh adanya keceriaan yang muncul dari lubuk hati. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan mengalami bahwa kesejatian hidup dalam Tuhan pertama-tama menjadikan setiap kehadirannya membawa sukacita bagi orang lain yang ada dijumpainya.

Ah, yang serius beragamalah yang dekat Tuhan.

0 comments:

Post a Comment