Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, November 23, 2014

6 PEDOMAN TAMPIL MUDA UNTUK PARA LANSIA

dari https://www.google.com; ilustrasi dari koleksi Blog Domus

Umur adalah masalah perasaan, bukan masalah tahun. Oleh sebab itu tak heran bila beberapa pria/ wanita lanjut usia masih tetap bertingkah seperti anak muda. Tampil muda meski usia lanjut sih boleh-boleh saja, selama mengikuti beberapa patokan berikut.

1. Gagal soal tren warna busana

Tren pastel sedang di depan mata, namun bila warna ini kurang pas untuk rona kulit, seseorang hanya akan terlihat semakin tua dan loyo. Daripada mengejar tren yang selalu datang dan pergi, lengkapi koleksi busana dengan warna dasar klasik kuat semacam hitam, navy, abu-abu, olive, cokelat, dan putih. Setelah itu, gunakan warna berat seperti merah, ungu, emas, atau emerald untuk memeriahkannya. Baru tambahkan aksesori nuansa pastel seperti tote cantik, anting statement, hingga pointy-toe pump.

2. Busana terlalu trendy

Tampil trendy tentu tak mengapa bila Anda punya banyak uang. Namun bagi yang tidak, ada baiknya Anda tidak mengikuti tren yang mudah berlalu begitu saja. Adopsi saja tren tak lekang oleh zaman seperti busana berbahan kulit, militer, motif bunga, kotak-kotak, rok pensil, hingga celana kain.

3. Busana tidak sesuai ukuran

Beberapa dari kita menyayangi busana atau aksesori tertentu yang sebenarnya tidaklah terlalu pas untuk dikenakan, entah karena harganya mahal atau pemberian seorang terkasih. Beberapa mungkin ukurannya terlalu besar, lainnya kekecilan sehingga tidak bisa terkancing. Jika memang ingin dikenakan, adakan perbaikan dengan membawanya ke penjahit sehingga busana tersebut tetap layak dan enak dipandang ketika dipakai.

4. Menghindari sabuk

Busana longgar memang nyaman namun kadang kurang ramah bagi penampilan. Tambahkan sabuk agar kesan langsing tetap didapat. Dan sabuk juga dapat diberdayakan untuk mempercantik tampilan jaket ketika musim dingin tiba.

5. Berpenampilan terlalu muda

Mengenakan sesuatu yang seharusnya dipakai putri atau bahkan cucu Anda jelas merupakan big no no. Jika usia Anda 50 tahun namun berdandan seperti gadis 9 atau 19 tahun, maka hal ini bukannya dapat menyamarkan usia, malahan membuatnya tambah kentara.

6. Salah padu padan busana

Mengenakan atasan dan bawahan yang tidak 'berjodoh' bisa jadi musibah besar bagi siapapun. Aturan baku agar siluet tubuh tampak indah adalah saat mengenakan bawahan skinny, padukan dengan busana lebih longgar, atau sebaliknya.

0 comments:

Post a Comment