Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, November 29, 2014

Lamunan Pekan Adven I

Minggu, 30 November 2014

Markus 13:33-37

13:33 "Hati-hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu bilamanakah waktunya tiba.
13:34 Dan halnya sama seperti seorang yang bepergian, yang meninggalkan rumahnya dan menyerahkan tanggung jawab kepada hamba-hambanya, masing-masing dengan tugasnya, dan memerintahkan penunggu pintu supaya berjaga-jaga.
13:35 Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu bilamanakah tuan rumah itu pulang, menjelang malam, atau tengah malam, atau larut malam, atau pagi-pagi buta,
13:36 supaya kalau ia tiba-tiba datang jangan kamu didapatinya sedang tidur.
13:37 Apa yang Kukatakan kepada kamu, Kukatakan kepada semua orang: berjaga-jagalah!"

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, orang beragama dapat merasa memiliki pegangan jelas tentang kehadiran Tuhan. Segala kegiatan keagamaan dipandang sebagai jalan menghadirkan Tuhan.
  • Tampaknya, orang beragama dapat memiliki kepastian hubungannya dengan Tuhan lewat kebiasaan-kebiasaannya. Dalam hari-hari khusus dan tata upacaranya orang beragama dapat menjalin hubungan khusus dengan-Nya.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa kesejatian hadir-Nya Tuhan adalah misteri kehidupan sehingga orang harus selalu membuka nurani agar selalu memiliki kesadaran batin menyambut-Nya sewaktu-waktu dan dalam situasi-kondisi apapun. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan selalu siap untuk mendapat sapaan-Nya dalam keadaan apapun.
Ah, Tuhan itu hubungannya ya dengan acara agama.

0 comments:

Post a Comment