Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, May 15, 2015

Lamunan Pekan Paskah VI

Sabtu, 16 Mei 2015

Yohanes 16:23b-28

16:23b. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku.
16:24 Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatupun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu.
16:25 Semuanya ini Kukatakan kepadamu dengan kiasan. Akan tiba saatnya Aku tidak lagi berkata-kata kepadamu dengan kiasan, tetapi terus terang memberitakan Bapa kepadamu.
16:26 Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa,
16:27 sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah.
16:28. Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa."

Butir-butir Permenungan
  • Katanya, ada yang bilang bahwa Tuhan itu mahatahu. Dia tahu akan segala yang ada dalam diri setiap orang sehingga tanpa memohonpun Tuhan tahu apa yang dibutuhkan.
  • Katanya, ada yang bilang bahwa Tuhan itu mahakasih. Dia amat memperhatikan dan peduli akan setiap orang sehingga orang tak perlu mengajukan permohonan karena Dia juga mahamurah.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa permohonan kepada Tuhan sejatinya adalah sikap hati merendahkan diri dan mempercayakan diri pada-Nya sebagai Sang Pengasih sehingga orang tidak datang pada Tuhan sebagai penagih janji apalagi sebagai yang punya hak dengan Tuhan sebagai pesuruh. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan biasa omong-omong batin dengan Tuhan termasuk membicarakan kebutuhannya.
Ah, Tuhan tak akan menyuruh orang menjadi seperti pengemis tukang minta-minta.

0 comments:

Post a Comment