Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, May 1, 2015

Sabda Hidup

Sabtu, 02 Mei  2015
Peringatan Wajib St. Atanasius
warna liturgi Putih
Bacaan:
Kis. 13:44-52; Mzm. 98:1,2-3ab,3cd-4; Yoh. 14:7-14; BcO Why. 18:1-20

Yohanes 14:7-14:
7 Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia." 8 Kata Filipus kepada-Nya: "Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami." 9 Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami. 10 Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. 11 Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri. 12 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; 13 dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. 14 Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."

Renungan:
Dalam pergaulan sehari-hari kita sering melihat seseorang lalu teringat orang lain. Misalnya kita melihat seorang pemuda lalu kita ingat orang yang lebih tua dan ternyata itu ayahnya. Wajah ayah terpancar dalam diri anaknya dan sebaliknya. Bahkan tingkah laku anak mengingatkan tingkah laku orang tuanya kala mereka seumuran dengan anak tersebut.
Yesus mengatakan, "Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia" (Yoh 14:7). Dalam diri Yesus kita melihat dan mengenal Bapa.
Kehadiran pribadi anak merepresentasikan orang tuanya. Apa yang dikerjakan, dikatakan dan diperbuat tidak pernah lepas dengan apa yang pernah dilakukan orang tuanya dulu. Kalau kita menginginkan anak kita hidup baik maka kita pun mesti menjaga kebaikan itu dalam perjalanan hidup kita.

Kontemplasi: 
Duduklah dengan tenang. Perhatikan anakmu. Ingatlah dirimu kala seusia dia.

Refleksi:
Bagaimana mengenali dirimu dalam diri anak atau orang tuamu?

Doa:
Bapa dalam diri PuteraMu aku mengenaliMu. Pancaran diriMu ada di dalam diriNya. Semoga hidupku pun bisa memancarkan diriMu. Amin.

Perutusan:
Aku akan memancarkan wajah Bapa dalam hidupku. -nasp-

0 comments:

Post a Comment