Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, May 31, 2015

RAMA YADI IKUT ZIARAH LINGKUNGAN


Sudah sejak hari-hari minggu pertama bulan Mei 2015 Rama Bambang mendengar bahwa umat Lingkungan Fransiskus Asisi Puren, dimana Domus Pacis juga termasuk di dalamnya, merencanakan ziarah ke Gua Maria Jatiningsih, Paroki Klepu. "Njing napa, nggih?" (Kapan?) tanya Rama Bambang kepada Mbak Tari pada suatu hari yang mendapat jawaban "Dintene dereng pasti amargi nengga lare-lare SD rampung ujian" (Harinya belum pasti karena menunggu anak-anak Sekolah Dasar selesai ujian). Ketika Rama Bambang ikut doa rosario di Lingkungan, dia bertanya "Apa sungguh ada rencana ziarah ke Jatiningsih?" yang dijawab "Ya, rama" oleh banyak yang hadir. Rama Bambang minta kepastian. Karena ujian SD selesai tanggal 23 Mei, maka dipastikan ziarah akan dilaksanakan pada hari Minggu 24 Mei 2015 berangkat pada jam 08.00. "Benjang ingkang badhe menyertai Rama Yadi" (Besok yang akan menyertai adalah Rama Yadi) kata Rama Bambang.

Peristiwa itu penting bagi rama-rama Domus Pacis karena umat menginginkan tambahan mobil dan bermaksud meminjam mobil Domus, yaitu Grandmax. Dalam aturan yang ada di Domus Pacis, mobil Domus hanya untuk kepentingan para ramanya dan tidak dapat dipinjam oleh umat umum. Tetapi dalam pelaksanaan, asal ada salah satu rama Domus ikut, maka umat umum juga dapat ikut menikmati. Dari hasil pembicaraan di kamar makan, Rama Yadi menyediakan diri menyertai umat Lingkungan. Mas Handoko juga siap menyopiri dengan berkata "Kula ndherekke Rama Yadi, lho" (Saya mengantar Rama Yadi). Inilah yang membuat Rama Yadi ikut umat Lingkungan Puren berziarah ke Gua Maria Jatiningsih pada tanggal 24 Mei 2014. Kata Mbak Tari, yang ikut mobil Domus, ketika pulang Rama Yadi mengajak mampir di Klepu.

0 comments:

Post a Comment