Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, July 14, 2020

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Bonaventura, Uskup dan Pujangga Gereja

Rabu, 15 Juli 2020

Matius 11:25-27                            

25. Pada waktu itu berkatalah Yesus: "Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. 26 Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu. 27 Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorangpun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, orang dapat menggolongkan manusia sebagai kaum ber-Tuhan dan tidak ber-Tuhan. Yang ber-Tuhan itu beragama dan yang tidak ber-Tuhan abai terhadap agama.
  • Tampaknya, dengan beragama orang akan mengenal Tuhan. Dengan beragama orang memiliki hubungan dekat dengan Tuhan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul dekat dengan kedalaman batin, sekalipun rajin menjalani agama, orang belum tentu memiliki hubungan dengan Tuhan kalau tidak biasa ikut forum pembicaraan dengan nurani. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan Tuhan orang terbiasa menjalani segala hidupnya berlandaskan apapun yang didengar dalam nuraninya.

Ah, asal rajin doa seperti tuntunan agama jelas jadi milik Tuhan.

0 comments:

Post a Comment