Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, July 23, 2020

MANIAK KRUPUK?


Di dalam https://jagokata.com/ diketemukan arti kata maniak: 1) orang yang tergila-gila akan sesuatu, dan 2) orang yang sangat menyukai sesuatu.

 

Barangkali kisah ini lebih berkaitan dengan arti nomor 2. Ini adalah kisah tentang menu untuk makan. Tampaknya di kalangan orang Jawa ada menu yang dapat dikatakan “sebaiknya” “harus” ada. Kata “sebaiknya” diberi tanda petik tersendiri disamping kata “harus”. Disebut sebaiknya karena menu tersebut kalau tidak ada tidak akan mengurangi bobot yang disantap sebagai santapan sehat sesuai dengan tuntutan ilmu gizi. Menu tersebut hanya menambah rasa nyaman tetapi kandungan gizinya dapat dikatakan tidak ada. Tetapi kalau ada kata “harus”, hal ini tampaknya berkaitan dengan bawaan kultural kuliner orang Jawa dalam menyantap makan pagi, siang, dan sore. Orang Jawa dapat mengatakan bahwa absennya menu tersebut dapat membuat santapan terasa cemplang. Dari https://kbbi.web.id/  dapat disimpulkan bawa kata Jawa cemplang berat berarti: 1) kurang berasa, hambar, 2) kurang menarik; kurang dapat dinikmati karena menyimpang dari kebiasaan dan sebagainya.

 

Sebenarnya yang mau dikisahkan adalah kerupuk. “Kerupuk atau krupuk adalah makanan ringan yang pada umumnya dibuat dari adonan tepung tapioka dicampur bahan perasa seperti udang atau ikan” (https://id.wikipedia.org/) Dan kisah ini terjadi di kalangan para rama lansia yang tinggal bersama di rumah tua. Barangkali karena sudah menjadi bawaan kultural kuliner sejak kecil, berapapun banyak jumlah kerupuk ketika makan, tidak perlu sampai lima hari tentu sudah ludes. Dan model kerupuk yang amat disukai adalah yang terbuat dari pati kanji berbentuk bulat berlobang-lobang.

 

Saking nikmatnya rasa kerupuk, menu amat sederhana ini ternyata membantu salah satu rama yang harus membangun kebiasaan menu baru dalam makan. Pada suatu hari ada tamu yang keheranan melihat salah satu rama yang sedang menyantap apel. “Rama sedang makan apa?” tanya tamu itu yang mendapat jawaban “Apel”. Tamu itu bertanya lagi “Kok pakai kerupuk?” yang dijawab “Biar enak”. Maklumlah karena kini dia harus menyingkiri makanan sehari yang jadi maniaknya, dia harus banyak makan buah. Padahal dia tidak menyukai buah apapun. Diapun belajar makan buah dan yang dapat dimaui adalah apel. Itupun harus dilauki krupuk. Kerupuk memang telah menjadi sahabat batin. Maka ketika sedang disuapi puding oleh karyawan, salah satu rama yang sudah tak lancar makan sendiri, tangan kirinya memegang kerupuk. “Enak ya, makan puding dengan lauk krupuk?” tanya rama di sampingnya.

0 comments:

Post a Comment