Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, October 25, 2020

10 Manfaat Buah Belimbing, Buah Lezat yang Bikin Badan Sehat

diambil dari https://www.sehatq.com/artikel

14 Oct 2019|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari

                                      Manfaat buah belimbing sangat baik bagi kesehatan tubuh

Belimbing, atau yang dikenal dengan nama star fruit di luar negeri karena bentuknya seperti bintang, merupakan buah lezat yang banyak ditemui di Asia, tidak terkecuali di Indonesia. Selain menyegarkan, manfaat buah belimbing bagi kesehatan tubuh, sayang untuk dilewatkan.

Buah yang kulitnya berwarna kuning dan hijau ini memiliki daging putih manis serta asam. Terkadang langsung dimakan setelah dikupas, tapi juga bisa dijadikan jus.Lalu sebenarnya, apa saja manfaat buah belimbing pada tubuh Anda? Apakah manfaatnya "selezat" rasanya?

Manfaat buah belimbing

Sama seperti kebanyakan buah, belimbing juga dapat dinikmati dengan berbagai cara, misalnya dijadikan jus, langsung dimakan setelah dipotong-potong kecil, dan bahkan masuk dalam daftar buah yang dirujak.Buat Anda yang hobi memakan buah ini, ada baiknya memahami manfaat buah belimbing. Dengan begitu, Anda jadi bisa tahu, apa saja manfaat kesehatan yang dirasakan tubuh.

1. Mengandung banyak nutrisi



                                               Buah belimbing yang mengandung banyak nutrisi

Buah yang pohonnya relatif tidak tinggi ini merupakan sumber yang kaya akan serat dan vitamin C. Biasanya, satu buah belimbing (91 gram), mengandung beberapa nutrisi di bawah ini.
  • Serat: 3 gram
  • Protein: 1 gram
  • Vitamin C: 52% dari referensi asupan harian (RAH)
  • Vitamin B5: 4% dari RAH
  • Folat: 3% dari RAH
  • Tembaga: 6% dari RAH
  • Kalium: 3% dari RAH
  • Magnesium: 2% dari RAH
Jika dilihat, jumlah nutrisi buah belimbing memang tidak sebanyak buah lain. Namun, karena buah ini rendah kalori hanya memiliki 41 kalori, jumlah nutrisi di atas sudah terhitung cukup untuk kesehatan tubuh Anda.

2. Memiliki senyawa tumbuhan sehat

Buah belimbing mengandung zat lain yang membuatnya semakin menyehatkan untuk dikonsumsi. Apakah zat lain yang dimaksud itu?Beberapa senyawa tumbuhan sehat, seperti kuersetin, asam galat serta epicatechin juga ada dalam belimbing. Ketiga zat itu sangat kaya akan antioksidan dan berbagai manfaat kesehatan lainnya.Senyawa tumbuhan ini sudah terbukti mampu mencegah kanker hati pada tikus, serta mengurangi risiko hati berlemak dan kolesterol pada hewan penelitian.Gula alami yang terkandung dalam buah belimbing juga disebut mampu mengatasi peradangan.Walau demikian, jumlah penelitian buah belimbing dan manfaatnya terhadap manusia masih terbatas.

3. Vitamin C yang menyehatkan tubuh

Setiap 91 gram buah belimbing yang Anda makan, mampu memenuhi 52% kebutuhan harian tubuh atas vitamin C. Vitamin ini sangat penting untuk memperkuat struktur tulang, otot serta pembuluh darah.Vitamin C membantu penyerapan zat besi pada tubuh, meningkatkan kemampuan tubuh dalam sembuhkan luka, dan mencegah penyakit.Vitamin C tidak bisa diproduksi oleh tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda harus mengonsumsi buah yang mengandung vitamin tersebut, seperti belimbing ini.

4. Meningkatkan kesehatan mata

Buah belimbing mengandung vitamin A, meskipun sedikit. Namun, Anda tetap bisa merasakan manfaat buah belimbing dalam meningkatkan kesehatan mata.Selain itu, vitamin A juga bisa mencegah Anda dari nyctalopia atau ketidakmampuan melihat dalam cahaya redup atau malam hari.Perlu diketahui, vitamin ini merupakan komponen utama dari pigmen rhodopsin. Pigmen ini berkontribusi terhadap pemrosesan cahaya oleh mata.

5. Membantu menurunkan berat badan

Jika Anda sedang ingin menurunkan berat badan, buah belimbing bisa jadi camilan yang sangat lezat dan menyehatkan. Buah belimbing hanya mengandung sedikit kalori, selain itu, serat dan nutrisi lainnya juga banyak. Jika Anda mengonsumsinya, metabolisme tubuh akan meningkat.Serat yang dikandungnya, bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda terhindar dari makan berlebih.

6. Meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh



                                                                              Caption

Satu buah belimbing berukuran sedang, mengandung sekitar 50% RAH vitamin C. Ini merupakan kabar menggembirakan untuk sistem kekebalan tubuh Anda.Sebuah studi berjudul "Radical Scavenging Activity in Fruit Extracts" menemukan bahwa buah belimbing bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan.

7. Menyeimbangkan tekanan darah

Kandungan kalsium yang sangat tinggi dalam buah belimbing, bisa menurunkan risiko serangan jantung dan bahkan stroke. Hal ini dikarenakan, buah belimbing memiliki kemampuan untuk meredakan ketegangan pada pembuluh darah dan arteri.Faktanya, sebuah studi di Brazil, yang dilakukan pada tikus, menemukan bahwa buah belimbing bisa meredakan hipertensi, sehingga jantung Anda bisa "istirahat".

8. Menyehatkan tulang

Terdapat beragam mineral yang dikandung buah belimbing, seperti zat besi, magnesium, fosforus, zinc, dan kalsium. Semua mineral ini bisa meningkatkan kesehatan tulang dan menurunkan risiko penyakit osteoporosis, yang bisa menyerang seiring bertambahnya usia.9. Menurunkan kolesterolBuah belimbing memiliki kadar serat yang tinggi. Tidak heran kalau buah belimbing dipercaya untuk mengontrol dan mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh. Selain itu, serat yang dikandung buah belimbing, bisa mengontrol kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).Dengan begitu, risiko terserang penyakit jantung koroner, stroke, hingga serangan jantung pun, menurun.

10. Meningkatkan kesehatan rambut

Dikenal sebagai sumber antioksidan yang sangat kaya, kemudian mengandung vitamin B kompleks dan vitamin C, buah belimbing pun juga dikenal bisa meningkatkan kesehatan rambut.Sebagai orang Indonesia, Anda memiliki keuntungan karena “dikelilingi” berbagai macambuah menyehatkan yang bisa dimakan dengan mudah. Seperti buah belimbing misalnya, yang mungkin selama ini dikonsumsi, tapi manfaatnya belum Anda ketahui.

0 comments:

Post a Comment