Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, October 26, 2020

8 Manfaat Buah Sawo bagi Kesehatan, Banyak yang Tak Terduga

diambil dari  https://www.bola.com/ragam/read/4194593

                          

Bola.com, Jakarta - Sapodilla atau yang lebih dikenal buah sawo merupakan salah satu jenis tumbuhan tropis yang mudah ditemukan di Indonesia. Buah yang berwarna coklat tersebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Buah sawo berasal dari Meksiko dan populer dibudidayakan di daerah tropis termasuk Indonesia. Sawo termasuk buah yang mudah dicerna dan mampu memberikan energi dengan cepat.

Kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah sawo antara lain vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa membuat olahan buah sawo menjadi jus.

Buah ini sangat digemari masyarakat Indonesia karena rasa manis, legit, dan dagingnya yang lembut. Buah sawo juga memiliki kandungan serat yang tinggi, folat, dan berbagai macam mineral penting bagi tubuh Anda, seperti kalsium, zat besi, kalium, selenium, dan fosfor.

Perlu diperhatikan bila Anda penderita penyakit diabetes. Buah sawo tidak dianjurkan untuk penderita penyakit diabetes.

Kandungan gula yang dimiliki buah sawo cukup tinggi dan berakibat fatal bila dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes. Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, Kamis (5/03/2020), manfaat buah sawo yang berguna untuk kesehatan tubuh Anda.

1. Mencegah Anemia

Buah sawo memiliki khasiat untuk mencegah anemia. Zat besi yang tinggi di dalam buah sawo membantu memproduksi sel darah merah dengan baik.

Mengonsumsi buah sawo secara rutin menghasilkan kadar hemoglobin di tubuh Anda yang mampu menjaga kesehatan tubuh Anda.

2. Merawat Kulit Anda

Kandungan vitamin C yang ada di dalam buah sawo membantu tubuh mengusir radikal bebas. Antioksidan yang ada di dalam buah sawo berfungsi sebagai antiperadangan, antiparasit, antivirus, serta antibakteri.

Senyawa polifenol di dalam buah sawo bisa mencegah keriput dini pada kulit, dan Anda terlihat tetap awet muda.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A yang terkandung di dalam buah sawo bermanfaat menjaga kesehatan mata Anda. Mengonsumsi buah sawo secara teratur dapat meningkatkan fungsi penglihatan dengn baik.

Buah sawo bisa menunda penyakit mata yang berkaitan dengan faktor usia, seperti degenerasi makula.

4. Melancarkan Pencernaan

Manfaat Prebiotik dan Probiotik untuk Saluran Cerna Anak

Rutin mengonsumsi buah sawo bisa mengatasi peradangan dan infeksi pada saluran pencernaan. Kandungan serat di dalam buah sawo dipercaya mencegah masalah sembelit, kanker usus besar, dan membuat pencernaan Anda lebih sehat.

Vitamin C yang ada di dalam buah sawo bisa menghancurkan radikal bebas berbahaya, sedangkan potasium, zat besi, folat, niasin, dan asam pantotenat berfungsi sebagai sistem pencernaan dengan baik.

Senyawa tanin yang terkandung di dalam buah sawo dipercaya bisa menetralkan asam dengan mengendapkan protein. Sifat antiinflamasi bisa mencegah masalah kesehatan seperti gastritis dan gangguan usus Anda.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah sawo mengandung sukrosa dan fruktosa yang bisa memberikan energi untuk tubuh Anda. Energi yang dihasilkan dari buah sawo bisa meningkatkan daya tahan tubuh Anda menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit.

Antiinflamasi yang berfungsi mengurangi peradangan dan pembengkakan pada tubuh Anda. Vitamin C di dalam buah sawo mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi yang berguna untuk membersihkan radikal bebas berbahaya di dalam tubuh Anda.

Selain vitamin C, buah sawo juga kaya akan serat, vitamin A, dan vitamin B. Antioksidan polifenolik pada buah sawo memiliki sifat antivirus, antiparasit, dan antibakteri.

6. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Buah sawo kaya akan kandungan kalsium, fosfor, zat besi. Kandungan tersebut dipercaya bisa membuat tulang dan gigi Anda menjadi kuat dan sehat.

Mengonsumsi buah sawo berkhasiat meningkatkan daya tahan tulang dan gigi serta mencegah penyakit, seperti osteoporis dan gigi berklubang.

7. Penambah Stamina

Buah sawo memiliki kandungan karbohidrat yang berguna untuk memberikan tambahan stamina di tubuh Anda. Mengonsumsi buah sawo secara rutin dipercaya bisa meningkatkan stamina sepanjang hari dan memengaruhi kualitas hidup Anda.

Buah sawo bisa menjadi opsi makanan sebagai penambah stamina tubuh Anda. Kandungan fruktosa dan sukrosa di dalam buah sawo memberikan stamina untuk Anda secara instan, namun tetap sehat.

8. Menurunkan Berat Badan

Buah sawo memiliki kandungan serat yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Buah sawo membuat Anda bisa mengatur nafsu makan.

Kandungan kalori dan fruktosa yang tinggi pada buah sawo dipercaya bisa mengatur metabolisme pada tubuh Anda.

0 comments:

Post a Comment