Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, December 5, 2014

Lamunan Pekan Adven I

Sabtu, 6 Desember 2014

Matius 9:35-10:1.6-8

9:35 Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan.

9:36 Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala.

9:37 Maka kata-Nya kepada murid-murid-Nya: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit.

9:38 Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu."

10:1 Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan.

10:6 ..... pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.

10:7 Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat.

10:8 Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, salah satu gejala sosial di era global adalah segalanya diperhitungkan dengan uang. Tradisi sumbang-menyumbang tetap dijalankan agar para penyumbang tetap mendapatkan balasan sumbangan pada saat membutuhkan.
  • Tampaknya, karena makin pentingnya uang dalam kehidupan, orang pun makin disibukkan dengan kerja atau usaha lain yang mendatangkan uang. Kaum kaya dan yang sudah sejahtera selalu menjaga kekayaannya dengan menabung atau berinvestasi demi makin besar dan berkembangnya kekayaan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa kesejatian sumbangan adalah bagian kekuatan seseorang yang dapat diberikan demi kepedulian terhadap yang papa dan lemah tanpa imbalan dan harapan balasan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menyadari bahwa segala kemampuan dan kekuatannya bukanlah hasil usaha sendiri tetapi karunia bawaan sehingga akan ikhlas berbagi kepada yang papa dan menderita secara cuma-cuma.
Ah, jaman sekarang orang harus dapat menanggung diri dan tak jadi peminta-minta.

0 comments:

Post a Comment