Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, December 23, 2014

PELAYANAN MISA NATAL


Di dalam makan siang Senin 22 Desember 2014 Rama Harto bertanya kepada Rama Bambang "Wingi sonten njenengan latihan Natalan?" (Apakah kemarin sore Anda latihan Natalan?). "Mboten, wingi sonten kula teng Murangan ndhampingi Jagongan Iman" (Tidak, kemarin sore saya ke Murangan mendampingi program Jagongan Iman) jawab Rama Bambang yang disambung pertanyaan dari Rama Agoeng "Wonten latihan Natalan napa?" (Ada latihan Natalan apa?). Rama Bambang memberikan penjelasan "Kemarin Rama Yadi sing tindak latihan Natal. Biasane yen ajeng nglayani misa gedhe beliau melu latihan. Sok mbenakke kor barang" (Kemarin yang pergi latihan Natal adalah Rama Yadi. Biasanya kalau akan memimpin misa besar beliau ikut latihan. Kadang mengoreksi kor). "Rama Yadi Natalan teng pundi?" (Rama Yadi akan memimpin misa Natal di mana?) tanya Rama Agoeng yang dijawab oleh Rama Bambang "Teng Daratan, Paroki Klepu" (Di Daratan, Paroki Klepu).

"Nek Rama Agoeng misa Natalan teng pundi?" (Kalau Rama Agoeng akan misa Natal di mana?) tanya Rama Harto yang pagi itu suara dan artikulasinya jelas tertangkap. Rama Agoeng menjawab "Teng Wonogiri" (Di Wonogiri). Rama Harto masih meneruskan pertanyaannya ke Rama Tri Wahyono "Rama Tri ajeng ndherek misa teng pundi?" (Rama Tri akan ikut misa Natal di mana?) yang langsung dijawab oleh Rama Tri "Teng Pringwulung" (Di Pringwulung). Rama Harto tersenyum. Barangkali merasa mendapat teman misa di Paroki. "Rama Joko misa teng pundi nggih?" (Rama Joko akan misa di mana?) tanya Rama Agoeng kepada Rama Bambang yang dijawab "Mboten ngertos, nggih. Ning Minggu wingi ketoke tindak misa" (Saya tidak tahu. Tetapi Minggu kemarin tampaknya beliau pergi misa). "Sakniki pun biasa siap kerja misa" (Sekarang beliau sudah biasa siap kerja melayani misa) kata Rama Agoeng.  Tetapi pada Rabu 24 Desember 2014 ada info dari karyawan bahwa Rama Joko akan memimpin misa Natal jam 05.00 sore hari ini di gereja Pringwulung. "Aku kok ora ditakoni misa Natal neng ngendi, ya?" (Mengapa aku tidak ditanya akan misa Natal di mana?) tanya Rama Bambang dalam hati. Barangkali teman-teman makan siang, termasuk Rama Yadi yang terlambat datang, sudah tahu bahwa Rama Bambang akan memimpin misa Natal di Ngireng-ireng, Paroki Ganjuran.

0 comments:

Post a Comment