Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, January 24, 2015

Sabda Hidup

Minggu, 25 Januari  2015
Hari Minggu Biasa III
Penutupan Pekan Doa Sedunia
warna liturgi Hijau
Bacaan:
Yun. 3:1-5,10; Mzm. 25:4bc-5ab,6-7bc,8-9; 1Kor. 7:29-31; Mrk. 1:14-20. BcO Rm. 8:1-17

Markus 1:14-20:
14 Sesudah Yohanes ditangkap datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah, 15 kata-Nya: "Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!" 16 Ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat Simon dan Andreas, saudara Simon. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan. 17 Yesus berkata kepada mereka: "Mari, ikutlah Aku dan kamu akan Kujadikan penjala manusia." 18 Lalu merekapun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia. 19 Dan setelah Yesus meneruskan perjalanan-Nya sedikit lagi, dilihat-Nya Yakobus, anak Zebedeus, dan Yohanes, saudaranya, sedang membereskan jala di dalam perahu. 20 Yesus segera memanggil mereka dan mereka meninggalkan ayahnya, Zebedeus, di dalam perahu bersama orang-orang upahannya lalu mengikuti Dia.

Renungan:
Untuk mendapatkan muridNya Yesus berjalan. Ia berjalan menyusuri danau. Perjalanan ini yang membuat Yesus menemukan orang-orang yang dijadikan muridNya.
Saya teringat banyak imam yang selalu bertanya kepada anak-anak, "Besok mau jadi Rama?". "Mau jadi Suster?" "Mau jadi Bruder?" Mereka berjalan dari satu tempat ke tempat lain dan selalu menanyakan seperti itu. Dari ratusan anak yang ditanya satu dua orang memang kemudian menjadi imam, bruder atau suster.
Mendapatkan calon memang memerlukan gerakan, usaha dan tak capai untuk selalu mengutarakan. Keteguhan para imam dan biarawan-biarawati dalam menemukan panggilan pantaslah kita support. Semoga di tahun Lembaga Hidup Bhakti ini makin banyak yang tergerak dalam panggilan hidup sebagai imam, bruder dan suster.

Kontemplasi:
Bayangkan kisah Yesus yang memanggil murid-muridNya dalam Injil Mrk. 1:14-20. Jadilah salah satu tokoh dalam kisah tersebut.

Refleksi:
Apa sumbanganmu bagi panggilan di Gereja ini?

Doa:
Tuhan semoga para imam, biarawan dan biarawati meneladan PuteraMu "berjalan" mencari mereka yang Kaupanggil. Dan semoga banyak orang tergerak mengikutiMu. Amin.

Perutusan:
Aku akan terlibat dalam karya panggilan Tuhan.

0 comments:

Post a Comment