Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, July 1, 2015

Lamunan Pekan Biasa XIII

Kamis, 2 Juli 2015

Matius 9:1-6

9:1. Sesudah itu naiklah Yesus ke dalam perahu lalu menyeberang. Kemudian sampailah Ia ke kota-Nya sendiri.
9:2 Maka dibawa oranglah kepada-Nya seorang lumpuh yang terbaring di tempat tidurnya. Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: "Percayalah, hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni."
9:3 Maka berkatalah beberapa orang ahli Taurat dalam hatinya: "Ia menghujat Allah."
9:4 Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka, lalu berkata: "Mengapa kamu memikirkan hal-hal yang jahat di dalam hatimu?
9:5 Manakah lebih mudah, mengatakan: Dosamu sudah diampuni, atau mengatakan: Bangunlah dan berjalanlah?
9:6 Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa" --lalu berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu--:"Bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!"

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, tidak sedikit orang mengaitkan kehidupan beragama sebagai penghayatan hidup ber-Tuhan. Dengan doa dan ajaran orang beragama diarahkan untuk sadar sebagai orang-Nya Tuhan.
  • Tampaknya, tak sedikit orang dalam kesalehan beragama makin merasa tampak kedekatannya dengan Tuhan. Pikiran, perasaan, dan kehendaknya makin dipenuhi oleh Ketuhanan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa sesaleh, setekun, dan sesetia apapun orang dalam beragama hanya akan jadi kesia-siaan kalau hanya membuat kesadaran ber-Tuhan dan tidak membuat kesadaran bahwa dalam hidup ini Tuhan juga bermanusia sehingga kuasa dan daya-Nya terpancar di kedalaman batin orang yang terungkap dan terwujud dalam pembangunan kebaikan satu sama lain antar manusia. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menaruh pikiran dan perasaan yang dijumpai dalam hubungannya dengan dengung dan aura kedalaman batin.
Ah, itu penghojatan mengatakan Tuhan bermanusia.

0 comments:

Post a Comment