Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, July 31, 2015

KUNJUNGAN RUMAH SAKIT


Rama Tri Hartono berjalan pelan-pelan di teras dalam Domus Pacis pada Rabu 29 Juli 2015 sekitar jam 15.45. Ternyata beliau masuk kamar Rama Bambang. "Wis siap?" (Sudah siap?) tanya Rama Bambang yang langsung dijawab dengan suara lirihnya "Wis" (Sudah). Rama Bambang pun berkata "Nek ngono dienteni neng ngarep ruang tamu" (Kalau begitu tunggu saja di depan ruang tamu). Rama Tri ditemani oleh Bu Rini menuju ruang tamu. "Mas, tumut mboten teng Panti Rapih?" (Mas, ikut ke Rumah Sakit Panti Rapih atau tidak?) Rama Bambang berseru kepada Mas Tukiran yang mendapatkan jawab "Kula nusul numpak motor mawon" (Saya menyusul naik motor saja). Ternyata, sesudah Rama Bambang memarkir mobil, di Panti Rapih Mas Tukiran sudah menunggu.

Sore itu Rama Tri, Rama Bambang, Mas Tukiran dan Bu Rini mengunjungi Rama Biyanto yang opname. Rama Bi adalah rama sepuh usia 71 tahun yang kini berstatus sebagai Pastor Pembantu di Paroki Pringwulung. Karena informasi dari Rama Totok dalam email grup UNIO KAS bahwa Rama Biyanto ada di Ruang Carolus 5, maka rombongan kecil ini menuju Carolus. Tetapi ternyata Rama Bi sudah pindah di ruang Lukas 316. Rama Biyanto tampak senang sekali mendapatkan kunjungan. Beliau berceritera dengan penuh semangat dan keriangan. "Rasane kaya arep kejlungup ya, rama? Aku wis tau ngalami" (Rasanya seperti akan jatuh tertelungkup ya, rama. Saya pernah mengalami) kata Rama Bambang yang diiyakan oleh Rama Bi dan Rama Bambang pun bertanya lagi "Nek kuping tengen sing jarene ra krungu?" (Bagaimana dengan telinga kiru yang dirasa tuli?). Rama Biyanto menjelaskan bahwa selaput telinga kanan mengembung. Tetapi belum jelas mengembung keluar atau kedalam. Kalau vertigo yang diderita sudah beres, pemeriksaan telinga akan dilakukan.

0 comments:

Post a Comment