Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, July 13, 2015

Lamunan Pekan Biasa XV

Selasa, 14 Juli 2015

Matius 11:20-24

11:20 Lalu Yesus mulai mengecam kota-kota yang tidak bertobat, sekalipun di situ Ia paling banyak melakukan mujizat-mujizat-Nya:
11:21 "Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! Karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung.
11:22 Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu.
11:23 Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati! Karena jika di Sodom terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, kota itu tentu masih berdiri sampai hari ini.
11:24 Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan negeri Sodom akan lebih ringan dari pada tanggunganmu."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, bantuan cuma-cuma sungguh merupakan tindakan sosial. Bagi penerima, bantuan sosial tanpa pamrih menjadi anugerah yang memberikan kebahagiaan.
  • Tampaknya, orang yang banyak menerima bantuan akan dapat bangga karena dirinya mendapatkan banyak perhatian. Orang juga dapat merasa menjadi sosok yang dihargai oleh banyak orang lain.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa sebanyak apapun bantuan diterima dan sebesar apapun perhatian didapatkan, hal ini justru dapat membuat orang terpuruk dan kehilangan daya hidup kalau semua itu tidak menyentuh kedalaman batinnya yang membuat sadar dan terbuka akan panggilan sosial untuk partisipasi demi kebaikan umum. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan mudah menyadari bahwa anugerah sekecil apapun yang diterima adalah daya dorong untuk ambilbagian terlibat dalam perjuangan kebaikan umum.  
Ah, makin banyak bantuan makin enak dong.

0 comments:

Post a Comment