Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, June 24, 2014

Sabda Hidup

Rabu, 25 Juni 2014
Hari Biasa
warna liturgi Hijau
Bacaan:
2Raj. 22:8-13; 23:1-3; Mzm. 119:33,34,35,36,37,40;
Mat. 7:15-20

Matius 7:15-20:
7:15 "Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.
7:16 Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri?
7:17 Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik.
7:18 Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik.
7:19 Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api.
7:20 Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.


Renungan:
Beberapa minggu yang lalu saya bersama beberapa teman berkunjung ke perkebunan buah mulik Pak Budi di Gunung Pati. Ada aneka macam buah yang dikembangkan di sana. Dan semua produknya berkualitas. Dalam ceritanya, kalau ingin menanam buah mesti memilih bibit yang baik, ditanam di tanah yang tepat dan baik. Bila prasyarat itu dipenuhi ditambah ketekunan merawat maka buah yang dihasilkan pun akan baik dan memiliki nilai jual yang tinggi. "tiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik" (Mat 7:17). Setiap pohon buah akan menghasilkan buahnya yang khas. Pohon durian akan menghasilkan durian. Pohon durian tidak mungkin menghasilkan kelapa (bdk Mat 7:17).
Kadang muncul dalam anganku mungkinkah bibit yang kurang baik bisa menghasilkan buah yang baik? Apakah perawatan yang baik tidak bisa mengubah pohon itu menghasilkan yang baik? Mungkin bisa mungkin juga tidak. Namun aku percaya bahwa pada dasarnya yang diciptakan Tuhan itu baik adanya. Maka walau kesannya bibitnya kurang baik, tetapi kalau dirawat dengan sungguh-sungguh maka akan menghasilkan buah yang baik.
Beberapa bulan yang lalu saya meminta bibit pisang yang kurang baik pada pak tukang yang kami minta menanam pisang di Domus. Empat buah bibit itu kutanam di bus beton. Kuberi pupuk. Di awal-awal sering kusiram. Dan ternyata hasilnya tidak mengecewakan. Keempat-empatnya berbuah dan sudah laku dijual Rm Bambang hehehe. Maka mari kita merawat dengan baik apa yang ada. Pada saatnya akan menghadirkan buah yang baik dan memiliki "nilai jual."

Kontemplasi:
Bayangkan dirimu dan segala potensimu. Apakah selama ini kau merawatnya dengan baik?

Refleksi:
Catatlah hal-hal yang harus kaulakukan untuk menghasilkan buah-buah yang baik dalam hidupmu.

Doa:
Tuhan Engkau menciptakanku baik adanya. Semoga aku pun setia memeliharanya agar pada saatnya menghasilkan buah yang baik. Amin.

Perutusan:
Aku akan merawat hidupku dengan baik sejak sekarang.

0 comments:

Post a Comment