Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, June 28, 2014

Sabda Hidup

Sabda Hidup
Minggu, 29  Juni 2014
HARI RAYA
ST. PETRUS dan ST. PAULUS, Rasul
warna liturgi merah
Bacaan:
Kis. 12:1-11; Mzm. 34:2-3,4-5,6-7,8-9; 2Tim. 4:6-8,17-18; Mat. 16:13-19

Matius 16:13-19:
13 Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: "Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?" 14 Jawab mereka: "Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi." 15 Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?" 16 Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!" 17 Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga. 18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. 19 Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga."

Renungan:
Suatu kali ada seseorang tampak gembira sekali wajahnya. Senyumnya mengembang. Semangatnya tampak membara. Teman-teman pun heran dengan perubahannya. Satu orang bertanya mengapa dia berubah seperti itu. Jawabnya, "Aku seneng banget karena Bapak Uskup masih mengenal aku." Pengenalan seorang pemimpin pada umatnya membangkitkan daya. Demikian juga sebaliknya, pengenalan seorang murid pada guru-gurunya. Kala kami berkunjung ke guru-guru SD kami, kami mendengar para guru begitu bahagia masih diingat murid-muridnya.
Pengenalan menjadi salah satu elemen penting dalam kehidupan. Seorang murid mengenal guru dan seorang guru mengenal murid. Pengenalan ini saling meneguhkan, menguatkan bahkan menyemangati.
Para murid pun berusaha mengenal Yesus dengan memadankan Yesus dengan tokoh-tokoh besar. Namun Roh Tuhan menaungi Petrus sehingga Petrus mampu mengenali dengan tepat siapa Yesus itu.
Belajar dari pengalaman ini, kita perlu saling mengenal dan berusaha mengenal. Pengenalan itu akan semakin tajam kalau kita terbuka melibatkan Roh Tuhan.
 
Kontemplasi:
Pejamkan matamu. Hadirkan Yesus di hadapanmu. Katakan padaNya siapa dia bagimu.

Refleksi:
Apa yang kaukenal dari pribadi Yesus?.

Doa:
Tuhan aku ingin mengenalMu dengan lebih baik. Sudilah Engkau mengutus RohMu menuntunku mengenalMu dengan lebih baik. Amin.

Perutusan:
Aku akan terus mendekati dan mengenali Yesus.

0 comments:

Post a Comment