Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, April 16, 2014

DOMUS DI TRIHARI SUCI


"Rama, Tri Hari Suci niki mbantu pundi?" (Rama, Tri Hari Suci ini membantu mana?) tanya Rama Bambang Rabu 16 April 2014 kepada Rama Agoeng yang menjawab "Wonten Sragen" (Di Paroki Sragen). Rama Agoeng adalah yang paling banyak membantu paroki dalam perayaan ekaristi pada hari Minggu. Memang, kalau pas ada acara Komsos dan Domus Pacis beliau dapat menolak permintaan Misa Minggu di Paroki. Maka untuk Pekan Suci, dari Minggu Palma hingga Paskah, Rama Agoeng pasti akan berada di paroki. Pada Minggu Palma tahun ini beliau membantu Paroki Sumber. "Ketingale Rama Yadi kosong. Dhek kula nyuwun pirsa mbantu pundi, panjenenganipun ngandika 'Kula pun mboten payu'. Ketingale ajeng nekani Kalasan ingkang mbokmenawi ngagem iringan gamelan. Panjenenganipun badhe ngemataken kendhangan amargi nembe memperdalam kemampuan ngendhang" (Tampaknya Rama Yadi kosong tidak membantu manapun. Ketika saya tanya membantu mana, beliau berkata 'Saya sudah tak laku'. Tampaknya beliau akan ikut misa di Kalasan yang mungkin diiringi musik gamelan. Beliau akan memperhatikan permainan kendhang karena kini sedang memperdalam kemampuan memainkan kendhang) kata Rama Bambang lebih lanjut.

"Ada kabar gembira, lho. Rama Jaka akan ikut konselebrasi memimpin misa" kata Rama Agoeng. "Wela, teng pundi?" (Di mana) tanya Rama Bambang yang langsung mendapatkan jawaban "Teng Pringwulung" (Di Paroki Pringwulung). "Yen ngaten mboten kondur teng Kalinegara?" (Kalau begitu tidak pulang melayani misa di Kalinegara?) Rama Bambang terus bertanya karena biasanya Rama Jaka akan pulang ke keluarga pada hari-hari besar Gereja dan melayani misa di Stasinya. "Kalinegara pun dilayani Rama Tejo saking Pastoran Sanjaya Muntilan" (Kalinegara sudah dilayani oleh Rama Tejo dari Pastoran Sanjaya Muntilan) Rama Agoeng menjelaskan. Rama Bambang, yang selama Tri Hari Suci akan membantu Paroki Kelor di Gunung Kidul dan menginap di sana, masih memberi informasi kepada Rama Agoeng "Rama Harto sampun wonten ingkang badhe ndhampingi tumut misa ing Pringwulung. Malam Paskah saestu damel gambiranipun amargi salah satunggal katekumenipun badhe ndherek dipun baptis" (Rama Haro sudah ada yang akan mendampingi untuk ikut misa di Paroki Pringwulung. Pada malam Paskah nanti salah satu katekumen yang didampingi akan ikut dibaptis).

0 comments:

Post a Comment